Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Desain Kemasan Bagi SMK Negeri 1 Karimunjawa

Muhamad Hasan Basori, Muhammad Noor Hidayat, Utari Fatma Dewi, Serina Tiara Sensato

Abstract


Seiring kemajuan teknologi informasi maka beriringan dengan strategi promosi produk. Hal tersebut juga berlangsung di dalam Lembaga pendidikan khususnya sekolah kejuruan yang memiliki produk-produk hasil dari proses pembelajaran, membutuhkan desain yang tepat dan menarik agar layak dipromosikan. Hal ini dikeluhkan oleh sekolah SMK Negeri 1 Karimunjawa yang memiliki kendala dalam hal membuat desain kemasan yang baik untuk produk-produknya. Sekolah tersebut masih menggunakan desain kemasan yang terlihat lama dan kurang menarik, sedangkan kegiatan promosi sekarang ini memanfaatkan media digital dengan konten promosi kreatif, dibutuhkan adanya desain kemasan baru yang menarik untuk produk-produk SMK Negeri 1 Karimunjawa untuk mampu bersaing dengan produk-produk yang serupa di pasar, agar mampu menjadi sekolah yang unggul dan bersaing. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan desain dan berbagi pengetahuan tentang kemasan baik teoretis maupun praktis dan implementatif. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test dapat diketahui rata-rata pengetahuan peserta yang meningkat sebesar 21%, pemahaman sebesar 26,3% dan kemampuan implementasi sebesar 57,9% Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa kegiatan pengabdian ini memiliki kebermanfatan baik pada tataran kognisi maupun praktis untuk para peserta pelatihan.

 

Kata kunci: Desain Grafis, Desain Kemasan, Produk

Keywords


Desain Grafis, Desain Kemasan, Produk

Full Text:

PDF

References


Sudjana, “Desain Kemasan Produk (Analisis Perbandingan: Efektivitas Pelindungan Desain Industri atau Merek ),†Jurnal Ecodemica, vol. 4, no. 1, 2020, [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica

V. A. Dihni, “Riset: Milenial Paling Gemar Belanja Online Saat Pandemi,†databox, 2022. Accessed: Aug. 09, 2022. [Online]. Available: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/03/riset-milenial-paling-gemar-belanja-online-saat-pandemi

S. Basu and Irawan, Manajemen Pemasaran Modern Edisi ke-2, 2nd ed. Yogyakarta: Liberty Offset, 2012.

W. Sholikatin, “PERANCANGAN KEMASAN PRODUK KRIPIK MAKRONI SPIRAL MAKECI,†DESKOVI, vol. 2, no. 2, 2019.

S. William J, Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga, 2012.

P. & A. Kotler, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 12. Jakarta: Erlangga, 2008.

P. Kotler and K. L. Keller, Marketing management. Jakart: Pearson, 2016.

D. dkk Durianto, Invasi pasar dengan Iklan yang Efektif (Strategi, Program dan Teknik Pengukuran). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama., 2003.

D. A. Kusumasari and Supriono, “PENGARUH DESAIN KEMASAN PRODUK DAN DAYA TARIK IKLAN TERHADAP BRAND AWARENESS SERTA DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN WARDAH EXCLUSIVE MATTE LIP CREAM (Survei Pada Mahasiswi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya),†Jurnal Administrasi Bisnis, vol. 49, no. 2, 2017.

M. Hasan Basori, C. U. Albab, N. Rosalia, and F. N. Aliya, “Pemberdayaan Karang Taruna dalam Pembuatan E-Katalog Kampung Tematik Kota Semarang,†Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar, vol. 03, no. 1, p. 1, 2021.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v6i2.1308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhamad Hasan Basori, Muhammad Noor Hidayat, Utari Fatma Dewi, Serina Tiara Sensato



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696, e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :