Peningkatan Keterampilan MS Office untuk Perangkat Desa dan PKK

Erlan Darmawan, Nani Ronsani Thamrin

Abstract


Peningkatan Keterampilan MS Office untuk Perangkat Desa dan PKK adalah sebuah pengabdian yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pengoperasian MS Office pada perangkat desa dan ibu-ibu PKK desa Sangkanhurip. Penggunaan perangkat lunak MS Office menjadi sangat penting dalam kegiatan administrasi di desa dan PKK, termasuk untuk membuat dokumen, spreadsheet, dan presentasi. Namun, beberapa perangkat desa dan ibu-ibu PKK belum sepenuhnya menguasai penggunaan perangkat lunak tersebut. Metode pelatihan yang digunakan adalah pelatihan tatap muka dan pengenalan software secara praktik langsung. Pelatihan dilaksanakan dengan mengajarkan dasar-dasar pengoperasian MS Office, seperti MS Word, MS Excel, dan MS PowerPoint. Peserta diberi kesempatan untuk berlatih membuat dokumen, spreadsheet, dan presentasi dengan bimbingan dari pelatih. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa peserta mengalami peningkatan signifikan dalam penggunaan software dan mampu membuat dokumen, spreadsheet, dan presentasi dengan lebih efektif dan efisien. Peserta juga mengungkapkan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat untuk pekerjaan administrasi mereka di desa dan PKK. Diharapkan pengabdian ini dapat meningkatkan produktivitas dan kinerja perangkat desa dan PKK desa Sangkanhurip serta memberikan manfaat bagi masyarakat desa. Selain itu, pengabdian ini juga dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain untuk meningkatkan keterampilan teknis dalam administrasi desa dan PKK


Keywords


Improvement;Skills;MS Office; Training.

Full Text:

PDF

References


N. Fitriani et al., “Pelatihan Ms Office Dalam Peningkatan Keterampilan Guru SD dan SMP,” Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi, vol. 3, no. 1, pp. 270–275, Jan. 2023, doi: 10.58466/literasi.v3i1.939.

Y. N. DS and A. S. Anwar, “PELATIHAN PENGGUNAAN MICROSOFT OFFICE (WORD & EXCEL) BAGI PERANGKAT DESA DI DESA SUMURGEDE KARAWANG,” PROSIDING KONFERENSI NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN UNIVERSITAS BUANA PERJUANGAN KARAWANG, vol. 3, no. 1, pp. 1713–1721, 2023.

T. Yusnanto, “Pelatihan Microsoft Office bagi Perangkat Desa Adipuro Kaliangkrik untuk Meningkatkan Pelayanan pada Masyarakat,” Yumary: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 3, no. 3, pp. 175–182, 2023.

E. Astuti, P. Yunita, F. Tambunan, F. S. Wahyuni, and R. I. Setiyawati, “Pelatihan Pengenalan dan Penerapan Aplikasi Komputer Microsoft Excel pada SMU Swasta Dharmawangsa Medan,” ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains dan Teknologi, vol. 2, no. 1, pp. 50–57, 2023.

R. Y. Ariyana, E. Susanti, and E. K. Nurnawati, “Pelatihan Komputer Untuk Guru Taman Kanak-Kanak Se-Kota Yogyakarta: Sub Materi: Microsoft Office,” Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 3, no. 1, pp. 6–12, 2023.

A. N. Hidayat, C. Amirah, and R. Mahmudah, “EVALUASI PROGRAM PELATIHAN KOMPUTER DI BALAI LATIHAN KERJA (BLK) KOMUNITAS PONPES YPI ANNUR GARUT,” Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, vol. 3, no. 1, pp. 129–141, 2023.




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v6i3.1344

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 erlan darmawan, Nani Ronsani Thamrin



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :