Upaya Meningkatkan Kesadaran Lingkungan Masyarakat Melalui Edukasi Pemilahan dan Pengelolaan Sampah

Ifa Fathiyah, Nuke Fitri Yanuari, Nabila Cynthia Rayhan, Syifa Ananda Mefiana, Dela Ambarwati, Dadang Juandi, Sufyani Prabawanto

Abstract


Banyaknya tumpukan sampah di pinggir jalan hingga Tempat Pembuangan Akhir (TPA) menunjukkan tingginya angka produksi sampah saat ini. Hal ini memicu munculnya pencemaran lingkungan yang menjadi salah satu permasalahan serius bagi kehidupan masyarakat. Di samping itu, kesadaran masyarakat mengenai permasalahan sampah masih rendah dan perlu ditingkatkan. Salah satu upaya meningkatkan kesadaran ini yaitu melalui Pendidikan Lingkungan Hidup yang dapat diberikan pada anak-anak usia sekolah. Oleh karena itu, tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan kesadaran lingkungan bagi anak-anak melalui edukasi mengenai sampah serta cara mengelola sampah dengan prinsip 3R (reduce, reuse, recycle). Dalam penyampaiannya, kegiatan ini menggunakan metode penyuluhan dan praktik lapangan. Kegiatan berjalan dengan baik dan mendapat respon positif dari peserta. Peserta dipastikan sudah mampu untuk memilah sampah serta memahami sebagian besar materi yang telah disampaikan. Hasil dari kegiatan ini diharapkan mampu memunculkan serta meningkatkan akan kesadaran diri mengenai lingkungannya, sehingga dapat menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman, serta mampu untuk melestarikan lingkungan untuk masa depan.


Keywords


Upaya; Kesadaran Lingkungan; Pendidikan Lingkungan Hidup; Sampah.

Full Text:

PDF

References


Sulistiyorini, W, 2018, Sampah dan Pencemaran. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Fauzi, M., Efizon, D., Sumiarsih, E., Windarti, W., Rusliadi, R., Putra, I., & Amin, B., 2019, Pengenalan dan pemahaman bahaya pencemaran limbah plastik pada perairan di Kampung Sungai Kayu Ara Kabupaten Siak. Unri Conference Series: Community Engagement, Vol. 1, pp. 341-346, September.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Capaian Kinerja Pengelolaan Sampah, https://sipsn.menlhk.go.id/sipsn/, diakses tgl 20 Maret 2023.

Ashilah, S, 2022, Data 15 Permasalahan Utama di Kota Bandung 2019, Kemacetan dan Sampah Jadi Yang Paling Berat, https://bandungbergerak.id/article/detail/1532/data-15-permasalahan-utama-di- kota-bandung-2019-kemacetan-dan-sampah-jadi-yang-paling-berat, diakses tgl 20 Maret 2023.

Din, D, 2022, Kota Bandung Butuh Partisipasi Publik Kelola Lingkungan, https://www.bandung.go.id/news/read/6435/kota-bandung-butuh- partisipasi-publik-kelola-lingkungan, diakses tgl 20 Maret 2023.

Suaedi, S. & Tantu, H., 2016, Pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup, IPB Press, Bogor.

Simatupang, M. M., Veronika, E., & Irfandi, A., 2021, Edukasi Pengelolaan Sampah: Pemilahan Sampah Dan 3R Di SDN Pondok Cina Depok, Seminar Nasional & Call Of Papers Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Vol. 1, No. 01, Maret.

Ghaffar, Z. M. A., Syamsih, M., Widyanti, N. A., Wasonowati, C., 2021, Pengelolahan Bank Sampah dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat di Desa Banangkah Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan, Buletin Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Vol. 1, No. 1, 13-19.




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v6i3.1437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ifa Fathiyah, Nuke Fitri Yanuari, Nabila Cynthia Rayhan, Syifa Ananda Mefiana, Dela Ambarwati, Dadang Juandi, Sufyani Prabawanto



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :