PEMANFAATAN E-COMMERCE SEBAGAI MEDIA STARTUP BISNIS PADA ANAK-ANAK PANTI ASUHAN RIYADLUL JANNAH DAN PANTI ASUHAN AL MUSTAGHFIRIN SEMARANG

Diana Aqmala

Abstract


Permasalahan yang dihadapi oleh pengelola Panti Asuhan Riyadlul Jannah dan Panti Asuhan Al Mustaghfirin Semarang terkait dengan kelangsungan hidup anak-anak asuh baik yang masih sekolah maupun yang akan lulus dari tingkat SMA antara lain ketidakmampuan pengelola panti asuhan dalam pembiayaan kelanjutan dari studi anak-anak asuh setelah lulus dan kurangnya keterampilan anak-anak asuh dibidang multimedia menangkap peluang usaha di industri digital. Solusi yang ditawarkan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah pendidikan secara komprehensif tentang perolehan pendapatan melalui wirausaha secara digital (e-commerce) dan pelatihan serta pendampingan pembuatan akun serta lapak di e-commerce, penentuan produk dan harga, promosi, pengemasan, hingga pendistribusian produk melalui jasa ekspedisi. Target luaran yang ingin dicapai adalah peningkatan kemampuan dan kreativitas dalam berwirausaha secara digital (e-commerce). Metode pengabdian kepada masyarakat ini adalah IbM (IPTEKS bagi Masyarakat) yang dilakukan melalui pendidikan dan arahan secara komunikasi dua arah (duplex), dilanjutkan dengan pelatihan keterampilan dan pendampingan penggunaan e-commerce, hingga simulasi pelaksanaan bisnis secara digital. Hasil yang diperoleh adalah dalam proses peningkatan keterampilan wirausaha melalui pemanfaatan e-commerce sebagai media startup bisnis dilakukan dengan tahapan: (1) Metode IbM, yaitu pelatihan pendaftaran dan pengelolaan profil e-commerce; (2) Mengelola akun e-commerce secara berkala hingga terjadi penjualan; (3) Menjual dan membuat pelaporan bisnis online yang telah dijalankan.

Keywords


e-commerce, IbM, panti asuhan, wirausaha

Full Text:

PDF

References


Aqmala, D., Putra, F.I.F.S., Suseno, A. (2020). Faktor-faktor yang Membentuk Minat Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Dian Nuswantoro. Dayasaing: Jurnal Manajemen Sumber Daya, 22(1), 60–70.

Handaru, A. W., Pagita, M. P. and Parimita, W. (2015) ‘Karakteristik Entrepreneur Melalui Multiple Diskriminan Analisis’, JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 6(1), p. 351. doi: 10.21009/jrmsi.006.1.02.

Irmawati, D. (2011) ‘Pemanfaatan E-Commerce Dalam Dunia Bisnis’, Jurnal Orasi Bisnis, VI(November), pp. 95–112.

Kusuma, D. F., & Sugandi, M. S. (2019). Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1), 18. https://doi.org/10.24198/jmk.v3i1.12963

Lesmana, I. G. N. A. (2012) ‘Analisis Pengaruh Media Sosial Twitter terhadap Pembentukan Brand Attachment ( Studi : PT . XL AXIATA )’, p. 134.

Muhartia, I. R. and Rinawati, R. (2017) ‘Instagram as Media For Marketing Commucation Grow Up Grow Up’, in Prosiding Manajemen Komunikasi, pp. 59–65.

Sugiyarto, E. C. (2013) "Gerakan Kewirausahaan Nasional Untuk Menyebar Virus Wirausaha'." Tersedia pada: http://www.setkab.go.id/artikel-7434.html. (Diakses pada 9 April 2020)

Wibowo, E. A. (2016). Pemanfaatan Teknologi E-Commerce Dalam Proses Bisnis. Jurnal Equilibiria, 1(1), 95–108. http://journal.unrika.ac.id/index.php/equi/article/view/222




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v4i1.146

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Diana Aqmala



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :