Pengembangan Web-based Virtual Tour sebagai Optimalisasi Branding Digital Tourism pada Kawasan Wisata Sumber Gentong Malang

Robby Hilmi Rachmadian, Tasya Khairunisa, Jordi Dermawan, Akemat Rio Setiawan, Alfyananda Kurnia Putra

Abstract


Media VR memiliki sifat yang interaktif, cepat, fleksibel dan dapat diakses di seluruh dunia dan telah berkembang menjadi sumber informasi yang dinamis serta alat komunikasi yang efisien untuk menjangkau wisatawan. Banyak organisasi pariwisata telah berinvestasi dalam menciptakan tur virtual berbasis web atau Web-based Virtual Tour dan dianggap sebagai media baru yang efektif untuk branding destinasi wisata. Wisata Sumber Gentong Malang merupakan salah satu tempat wisata yang dikelola oleh organisasi Badan Usaha Milik Desa. Namun potensi Wisata Sumber Gentong belum dikelola dengan maksimal, dikarenakan pembangunan infrastruktur masih kurang masif. Perlu membuat alternatif penyampaian informasi destinasi wisata dengan memanfaatkan teknologi yang mampu menggambarkan hal yang abstrak menjadi sesuatu yang seperti nyata melalui implementasi Web-based Virtual Tour. Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan melalui media pemasaran wisata, dan mensosialisasikan Web-based Virtual Tour menjadi salah satu media alternatif pemasaran wisata di Wisata Sumber Gentong Malang.


Keywords


web-based virtual tour, branding; digital tourism; sumber gentong, malang

Full Text:

PDF

References


R. Fauziah, I. A. Ratnamulyani, and A. A. Kusumadinata, “Efektifitas Promosi Destinasi Wisata Rekreasi Gunung Pancar Melalui Postingan Instagram Media Sosial,” J. Komun., vol. 4, no. 1, 2018, doi: 10.30997/jk.v4i1.1210.

D. Putu Henny Puspawati and R. Ristanto, “Strategi Promosi Digital Untuk Pengembangan Pariwisata Kota Magelang,” J. Jendela Inov. Drh., vol. 1, no. 2, 2018, doi: 10.56354/jendelainovasi.v1i2.14.

N. A. Setiawan and F. H. U., “Strategi Promosi dalam Pengembangan Pariwisata Lokal di Desa Wisata Jelekong,” TRIKONOMIKA, vol. 13, no. 2, 2014, doi: 10.23969/trikonomika.v13i2.613.

A. S. Bafadhal and M. R. Hendrawan, “Research and Development Web-Based Virtual Military Museum as a Tool for Edu-Tourism from Home During the Covid-19 Pandemic,” Proc. Int. Conf. Innov. Technol. (ICIT 2021), vol. 212, no. Icit, pp. 75–85, 2022, doi: 10.2991/aer.k.211221.010.

Y. Cho, Y. Wang, and R. Daniel, “Searching for Experiences: The Web-Based Virtual Tour in Tourism Marketing,” Tourism, vol. 12–4, no. September 2014, pp. 1–17, 2002, doi: 10.1300/J073v12n04.

K. Li and S. Wang, “Development and application of VR course resources based on embedded system in open education,” Microprocess. Microsyst., vol. 83, 2021, doi: 10.1016/j.micpro.2021.103989.

A. Kurnia Putra, M. Naufal Islam, R. Hilmi, T. Khairunisa, and I. Arifa’illah Syaiful Huda, “Geography Virtual Reality for Learning About Ecotourism and Rural Sustainability,” KnE Soc. Sci., vol. 2022, pp. 307–318, 2022, doi: 10.18502/kss.v7i16.12176.

D. Vergara, J. Extremera, M. P. Rubio, and L. P. Dávila, “Meaningful learning through virtual reality learning environments: A case study in materials engineering,” Appl. Sci., vol. 9, no. 21, 2019, doi: 10.3390/app9214625.

D. Edler, J. Keil, T. Wiedenlübbert, M. Sossna, O. Kühne, and F. Dickmann, “Immersive VR Experience of Redeveloped Post-industrial Sites: The Example of ‘Zeche Holland’ in Bochum-Wattenscheid,” KN - J. Cartogr. Geogr. Inf., vol. 69, no. 4, 2019, doi: 10.1007/s42489-019-00030-2.

V. Nemtinov, A. Borisenko, Y. Nemtinova, S. Tryufilkin, and V. Morozov, “Development of virtual tours of memorable places associated with the residency and activities of famous personalities,” in International Multidisciplinary Scientific GeoConference Surveying Geology and Mining Ecology Management, SGEM, 2020, vol. 2020-August, no. 2.1. doi: 10.5593/sgem2020/2.1/s07.017.

M. Slater and M. V. Sanchez-Vives, “Enhancing our lives with immersive virtual reality,” Frontiers Robotics AI, vol. 3, no. DEC. 2016. doi: 10.3389/frobt.2016.00074.

M. Herz and P. A. Rauschnabel, “Understanding the diffusion of virtual reality glasses: The role of media, fashion and technology,” Technol. Forecast. Soc. Change, vol. 138, 2019, doi: 10.1016/j.techfore.2018.09.008.

H. Ling and L. Rui, “VR glasses and leap motion trends in education,” in ICCSE 2016 - 11th International Conference on Computer Science and Education, 2016. doi: 10.1109/ICCSE.2016.7581705.

X. Wang, C. Guo, D. A. Yuen, and G. Luo, “GeoVReality: A computational interactive virtual reality visualization framework and workflow for geophysical research,” Phys. Earth Planet. Inter., vol. 298, 2020, doi: 10.1016/j.pepi.2019.106312.

K. Hastuti, P. N. Andono, and A. M. Syarif, “Gamifikasi Berbasis Board Game untuk Mendukung Pembelajaran Bahasa Arab,” Abdimasku J. Pengabdi. Masy., vol. 6, no. 2, pp. 554–560, 2023, doi: https://doi.org/10.33633/ja.v6i2.1328.

M. Uliyandari, “Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran LBA ( Laboratory ) Berbasis Virtual Mentor Bagi Guru Dan Siswa di SMP Idhata Kota Bengkulu,” Abdimasku J. Pengabdi. Masy., vol. 6, no. 2, pp. 372–376, 2023, doi: https://doi.org/10.33633/ja.v6i2.1007.




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v6i3.1473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Robby Hilmi Rachmadian, Tasya Khairunisa, Jordi Dermawan, Akemat Rio Setiawan, Alfyananda Kurnia Putra



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statcounter

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :