Edukasi Perilaku Hidup Bersih Sehat dan Pembagian Masker, Handsanitizer kepada Warga Jatisari

Fitria Nugrahaeni, Etin Diah Permanasari

Abstract


Perilaku Hidup bersih dan sehat (PHBS) merupakan langkah yang harus diaplikasikan untuk mencapai derajat kesehatan yang baik bagi setiap orang. Masyarakat di RT 01 RW 02 Jatisari Bekasi merupakan tempat yang masyarakatnya masih kurang pengetahuan dan informasi sehingga masalah kesehatan masyarakat masih menjadi masalah yang cukup besar. Selain itu akhir-akhir ini sedang terjadi pandemi virus korona yang berbahaya bagi tubuh. Sehingga sangat dibutuhkan edukasi mengenai PHBS dan pencegahan penyakit korona serta penyakit lainnya salah satunya dengan menggunakan masker dan rajin cuci tangan dan kalau di luar jangan lupa menggunakan handsanitizer. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat untuk melakukan PHBS dalam meningkatkan mutu hidup serta meningkatkan taraf kesehatan masyarakat. Metode yang digunakan adalah memberikan kuesioner dan penyuluhan. Kuesioner diberikan 1 hari sebelum pelaksanaan kegiatan dan setelah pelaksanaan kegiatan kepada 55 responden dengan tetap jaga jarak. Hasil kuesioner digunakan untuk mengetahui pemahaman masyarakat tentang PHBS dan sebagai indikator keberhasilan dari kegiatan. Penyuluhan disampaikan dengan tema PHBS, cara cuci tangan yang benar, dan cara memakai masker yang benar. Selain itu dilakukan pembagian masker dan handsanitizer kepada warga. Hasil penyuluhan menunjukkan terdapat peningkatan yang signifikan pemahaman masyarakat tentang masalah tersebut dari 18,18% menjadi 98,18%. Berdasarkan hasil ini diharapkan masyarakat dapat menerapkan pengetahuan tersebut dengan benar demi mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.


Keywords


perilaku hidup bersih dan sehat; penggunaan masker; cuci tangan; pengabdian masyarakat

Full Text:

PDF

References


World Health Organization, WHOAnjuran mengenai penggunaan masker dalam konteks COVID-19., 2020, Anjuran Mengenai Penggunaan Masker Dalam Konteks COVID-19. World Health Organization (April):1–17.

Gani, Husni Abdul, Erdi Istiaji, and Prita Eka Pratiwi., 2015, Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Pada Tatanan Rumah Tangga Masyarakat Using (Studi Kualitatif Di Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi) A Qualitative Study in Kemiren Village, Glagah Sub District, Banyuwangi Regency, Jurnal IKESMA, 11(1):26–35.

Andriansyah, Yuli, and Desi Natalia Rahmantari., 2013, Penyuluhan Dan Praktik Phbs ( Perilaku Hidup Bersih, Inovasi Dan Kewirausahaan, 2(1):45–50.

Bekti, Rokhana Dwi, Kris Suryowati, and Hadi Prasetyo Suseno., 2020, Pemberian Sosialisasi Dan Bantuan Pencegahan Covid-19 Bagi Warga Malangan Kota Yogyakarta Berdasarkan Analisis Tingkat Pengetahuan, Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3):99.

Wei, Wycliffe E., Zongbin Li, Calvin J. Chiew, Sarah E. Yong, Matthias P. Toh, and Vernon J. Lee., 2020, Presymptomatic Transmission of SARS-CoV-2-Singapore, Morbidity and Mortality Weekly Report, 69(14):411–15.

Utomo, Agung Prasetyo, Widya Emilia Primaningtyas, Mahasin Maulana Ahmad, Imah Luluk Kusminah, Rocky Andiana, Ayu Nindyapuspa, Sri Tjahyonowatie, and Dwi Setia Ningrum., 2020, Pelatihan Pembuatan Hand Sanitizer Dan Aplikasi Pola Hidup Bersih Di SMK Negeri 4 Surabaya Dalam Upaya Menyikapi Pandemi COVID-19, Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2):111.

Firdausi, Umni, Listania Felia Kartika Candra, and Carolus Prima Ferri Karma, 2020, Pengabdian Masyarakat Dan Anak - Anak Melalui Kkn-T Mengenai Edukasi Pencegahan Covid-19 Di Desa Dukuh Cikupa, ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1):14.

Hartati, Puji., Susanto., 2020, Peran Pemuda Tani Dalam Pencegahan Penyebaran Covid-19 Di Tingkat Petani (Kasus Di Kabupaten Magelang), Journal of Business & Entrepreneurship, 2(2):107–12.

Devi Pramita Sari, and Nabila Sholihah ‘Atiqoh., 2020, Hubungan Antara Pengetahuan Masyarakat Dengan Kepatuhan Penggunaan Masker Sebagai Upaya Pencegahan Penyakit Covid-19 Di Ngronggah, Infokes: Jurnal Ilmiah Rekam Medis Dan Informatika Kesehatan 10(1):52–55.

Ausrianti, Rizka, Rifka Putri Andayani, Defrima Oka Surya, and Ulfa Suryani., 2020., Edukasi Pencegahan Penularan Covid 19 Serta Dukungan Kesehatan Jiwa Dan Psikososial Pada Pengemudi Ojek Online, Jurnal Peduli Masyarakat, 2(2):59–64.

Ayu Kurniawati, Kiki Riska, Farah Heniati Santosa, and Samsul Bahri., 2020, Sosialisasi Hidup Sehat Di Tengah Wabah Virus Corona, JPMB : Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 3(1):58–65.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v4i1.162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fitria Nugrahaeni



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :