Pelatihan Pengenalan Teknologi Pembelajaran di Masa Pandemik pada SMA Negeri 3 Semarang

Indra Gamayanto, Sri Winarno, Asih Rohmani, Sendi Novianto, Farrikh Al Zami, sasono wibowo

Abstract


Abstrak

SMA Negeri 3 Semarang merupakan SMA terbaik di kota semarang, merupakan salah satu SMA yang memiliki siswa/i dan guru yang memiliki kompetensi tinggi. Salah satu faktor penting untuk dapat meningkatkan kompetensi tersebut adalah bekerjasama dengan universitas untuk dapat memberikan pelatihan dan peningkatan ilmu pengetahuan dari semua sisi sebagai contoh: pembelajaran daring/luring, pelatihan dalam bidang teknologi informasi, industri kreatif, social media, manajemen, ketrampilan interpersonal dan bidang-bidang lainnya yang dapat meningkatkan persaingan di era globalisasi. Seperti yang kita ketahui, peningkatan kompetensi pada sumber daya manusia pada saat ini merupakan hal yang sangat penting karena dengan meningkatnya kompetensi maka akan mampu bersaing dengan negara-negara lain secara signifikan. Pada pelatihan ini, pembelajaran di masa pandemik yang merupakan bagian pertama dari pelatihan akan berfokus pada bagaimana pembelajaran daring/luring yang efektif dan efesien dapat meningkatkan kompetensi siswa dan guru. Oleh sebab itu, di masa pandemik ini, kita membutuhkan inovasi dan perubahan yang signifikan dalam menghadapi ini semua. Hasil dari artikel ini adalah sebuah konsep dalam proses belajar dan teknologi apa saja yang dapat digunakan dalam meningkatkan kompetensi, sehingga terdapat keseimbangan antara pengalaman dan pengetahuan, ini adalah dua faktor yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Di sisi yang lain, kemampuan harus memiliki dasar yang kuat dengan pemahaman yang mendalam mengenai sesuatu

 

Kata kunci: Pendidikan, Teknologi informasi, Pandemik, Inovasi, Proses


Keywords


Pendidikan, Teknologi informasi, Pandemik, Inovasi, Proses

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

H. Christian et al., “The Design of Innovative Leadership Systems Inside University Using Disneyland Concepts to Face Globalization,” J. Econ. Manag. Sci., vol. 1, no. 1, pp. 192–206, 2018, doi: 10.30560/jems.v1n1p166.

L. Gombash and M. Ed, “Guiding Social Emotional Learning Through Movement and More.” [Online]. Available: https://www.headstartva.org/assets/Health/2020_21/Guiding Childrens Emotional Learning for Virginia Head Start.pdf.

Indra gamayanto, “Pengembangan mentoring management dalam menghasilkan high quality human resource di tingkat universitas dalam menghadapi masyarakat ekonomi asean (mea) dengan menggunakan konsep kiyosaki dan blanchard abcd trust methods-hsova,” J. Manaj., vol. 13, no. 2, pp. 158–178, 2016, [Online]. Available: https://www.ristekdikti.go.id/strategi-perguruan-tinggi-.

R. Huang, The Chinese Experience in Maintaining Undisrupted Learning in COVID-19 Outbreak. 2020.

J. Hughes and O. M. Kwok, “Influence of student-teacher and parent-teacher relationships on lower achieving readers’ engagement and achievement in the primary grades,” J. Educ. Psychol., vol. 99, no. 1, pp. 39–51, 2007, doi: 10.1037/0022-0663.99.1.39.

K. M. Minke, S. M. Sheridan, E. M. Kim, J. H. Ryoo, and N. A. Koziol, “Congruence in parent-teacher relationships: The role of shared perceptions,” Elem. Sch. J., vol. 114, no. 4, pp. 527–546, 2014, doi: 10.1086/675637.

J. Tondeur, R. Scherer, E. Baran, F. Siddiq, T. Valtonen, and E. Sointu, “Teacher educators as gatekeepers: Preparing the next generation of teachers for technology integration in education,” Br. J. Educ. Technol., vol. 50, no. 3, pp. 1189–1209, 2019, doi: 10.1111/bjet.12748.

S. Palvia et al., “Online Education: Worldwide Status, Challenges, Trends, and Implications,” J. Glob. Inf. Technol. Manag., vol. 21, no. 4, pp. 233–241, 2018, doi: 10.1080/1097198X.2018.1542262.

R. Billaiya, S. Malaiya, and K. S. Parihar, “Impact of socio economic trends on students in quality education system,” Int. J. Soc. Sci. Humanit., vol. 1, no. 1, pp. 16–20, 2017, doi: 10.29332/ijssh.v1n1.10.

M. Ropianto et al., “Optimization of Strategic Planning Organization in the Framework of Achievement Objectives of Education,” in Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), volume 149 2nd International Conference on Education, Science, and Technology (ICEST 2017) Optimization, 2017, vol. 149, no. Icest, pp. 149–151, doi: 10.2991/icest-17.2017.50.

P. Merrotsy, “Gagné’s differentiated model of giftedness and talent in australian education,” Australas. J. Gift. Educ., vol. 26, no. 2, pp. 29–42, 2017, doi: 10.21505/ajge.2017.0014.

W. R. Penuel, R. Riedy, M. S. Barber, D. J. Peurach, W. A. LeBouef, and T. Clark, “Principles of Collaborative Education Research With Stakeholders: Toward Requirements for a New Research and Development Infrastructure,” Rev. Educ. Res., vol. 90, no. 5, pp. 627–674, 2020, doi: 10.3102/0034654320938126.

H. Aldowah, S. Ul Rehman, S. Ghazal, and I. Naufal Umar, “Internet of Things in Higher Education: A Study on Future Learning,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 892, no. 1, 2017, doi: 10.1088/1742-6596/892/1/012017.

F. Baena, A. Guarin, J. Mora, J. Sauza, and S. Retat, “Learning Factory: The Path to Industry 4.0,” in Procedia Manufacturing, 2017, vol. 9, pp. 73–80, doi: 10.1016/j.promfg.2017.04.022.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v4i2.176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Indra Gamayanto, Sri Winarno, Asih Rohmani, Sendi Novianto, Farrikh Al Zami, sasono wibowo



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :