Pendampingan Manajemen Produk UMKM "Tahu Barokah" Madiun

Prima Utama Wardoyo Putro, Liliek Nur Sulistiyowati, Metik Asmike

Abstract


Perkembangan dunia modern menciptakan tekanan yang besar terhadap pelaku usaha dewasa ini, tak terkecuali Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Perubahan teknologi, budaya, dan arus informasi yang cepat menciptakan kompetisi pasar yang begitu hebat. Hal ini cukup berdampak terhadap daya saing UMKM yang memiliki keterbatasan dari segi teknologi, informasi, dan akses ke dunia luar. Salah satu UMKM yang merasakan dampak ini adalah UMKM Tahu Barokah yang berada di Kota Madiun. Keterbatasan pengetahun terhadap perkembangan dunia modern membuat UMKM yang memproduksi olahan tahu ini semakin sulit bernafas ditengah persaingan yang begitu ketat. Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini menyasar pelaku usaha Tahu Barokah di Kota Madiun. Dalam pelaksanaan kegiatan ini, difokuskan pada manajemen produk yang meliputi: pengemasan produk yang bisa meningkatkan daya Tarik produk, manajemen pengolahan yang bisa menciptakan efisiensi,  pemasaran produk untuk memperluas jangkauan pemasaran, serta administrasi pembukuan usaha. Kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan daya saing UMKM Tahu Barokah ditengah ketatnya persaingan produk serupa. Kegiatan yang dilakukan selama kurang lebih dua bulan ini, mendapat respon yang baik dari pelaku usaha dan masyarakat sekitar.


Keywords


Manajemen Produk; Pengemasan; Pemasaran; Usaha Mikro Kecil Menengah

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v4i3.202

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prima Utama Wardoyo Putro, Liliek Nur Sulistiyowati, Metik Asmike



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statcounter

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :