Sosialisasi Pengembangan Produk Lokal Desa Negeri Lima Sebagai Mata Pencaharian Alternatif

Muh. Riswan Anas Sukri

Abstract


Desa Negeri Lima merupakan salah satu daerah yang kaya akan hasil alam. Mayoritas masyarakatnya bekerja sebagai petani dan sebagian yang lain bekerja sebagai nelayan. Hasil alam tersebut banyak dimanfaatkan menjadi produk yang bernilai ekonomis, seperti pala dan cengkeh sebagai komoditas utama. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk mengatasi permasalahan yang sedang dihadapi oleh masyarakat Desa Negeri Lima, Kabupaten Maluku Tengah yang belum mampu berinovasi lebih untuk jenis usaha yang akan dibangun. Metode yang digunakan adalah metode survey observasional atau kunjungan lapangan guna memperoleh data primer sosial. Kegiatan pengabdian ini dilakukan secara langsung dalam bentuk sosialisasi dengan pemaparan materi oleh narasumber. Hasil sosialisasi ini menunjukkan visi tentang potensi ekonomi lokal telah berhasil ditanamkan kepada masyarakat Negeri Lima. Melalui kegiatan ini, membuka peluang yang lebih baik untuk pengembangan ekonomi kreatif di daerah tersebut.


Keywords


Sosialisasi; Produk Lokal; Ekonomi Kreatif

Full Text:

PDF

References


P. Dwihantoro and I. Lokantara, "Konsep "Studio Kreatif" Media Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Kreatif di Kabupaten Kendal," Jurnal Bakti Masyarakat, vol. 1, no. 1, pp. 83-91, 2018.

W. Khristianto, Penggunaan Teknologi Informasi di Usaha Kecil dan Menengah, 2012.

J. Howkins, The Creative Economy, How People make Money from Ideas, London: Penguin Books, 2003.

D. P. R. Indonesia, Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025, Jakarta: Departemen Perdagangan RI, 2008.

Sunanik, "Penguatan Ekonomi Kreatif dan Inovatif Berbasis Sumberdaya Desa Besuki di Kecamatan Besuki Tulungagung," Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 1, no. 1, pp. 20-27, 2013.

A. Buchari, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta, 2004.

T. Syarifah, B. Sumantri, D. I. S. Lubis, D. K. Dewi and L. I. M, "Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif Untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Desa Aek Songsongan," Rambate : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 3, no. 1, pp. 11-15, 2023.

A. A. Zahra, "Sosialisasi Ekonomi Kreatif Di Desa Wates Jaya," ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 3, no. 1, pp. 55-61, 2023.

T. Setiawan and E. G. Fadhallah, "Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Sumber Daya Alam Singkong di Desa Bandar Agung Kecamatan Bandar Sribawono Lampung Timur," Jurnal Pengabdian Fakultas Pertanian Universitas Lampung, vol. 2, no. 1, pp. 115-122, 2023.

A. R. Pratama and M. I. Maududy, "Sosialisasi Ekonomi Kreatif Masyarakat Dimasa Pandemi Covid-19, Di Desa Makmurjaya, Jayakerta, Karawang," in Konferensi Nasional Penelitian dan Pengabdian (KNPP) Ke-2, Karawang, 2022.




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v7i2.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muh. Riswan Anas Sukri



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :