Pelatihan Penggunaan Lampu Celup Bawah Air Dalam Penangkapan Ikan Bagi Nelayan Bagan Apung Di Ohoi Selayar Kabupaten Maluku Tenggara

Julianus Notanubun, Simon Marsol Picaulima, Anton Daud Kilmanun, Yuliana Anastasia Ngamel

Abstract


Cahaya lampu merupakan alat bantu penangkapan dalam operasi penangkapan ikan yang berfungsi untuk menarik ikan dan memfokuskannya pada area penangkapan. Penggunaan cahaya lampu yang efektif dan efesien dapat meningkatkan hasil tangkapan dan menurunkan biaya operasional penangkapan ikan khususnya pada perikanan bagan apung. Teknologi cahaya lampu celup bawah air yang dikembangkan praktisi perikanan saat ini sangat efektif dan efesien digunakan nelayan kecil di perikanan bagan apung, namun sampai saat ini teknologi tersebut belum dapat digunakan oleh seluruh nelayan kecil di Indonesia karena keterbatasan kemampuan dalam mengoperasikan alat bantu penangkapan tersebut. Tujuan PkM adalah memberikan pengetahuan dan ketrampilan penggunaan lampu celup bawah air (Lacuba) dalam kegiatan penangkapan ikan pada perikanan bagan apung. Metode yang digunakan dalam PkM adalah pelatihan dengan materi teori dan praktik. Materi teori terkait dengan konsep lampu celup bawah air dan manfaat ekonomisnya. Materi praktik mengenai aplikasi lampu celup bawah air pada bagan apung. Peserta pelatihan berjumlah empat belas orang yang merupakan nelayan kecil bagan apung Ohoi Selayar. Kegiatan pelatihan tersebut berjalan dengan baik dan lancar dan hasil evaluasi menunjukan bahwa sebagian besar nelayan kecil yang mengikuti pelatihan tersebut sangat memahami materi yang disampaikan dan terampil dalam mengoperasikan  Lacuba sebagai alat bantu penangkapan ikan pada bagan apung.

Keywords


Keywords: Fishing, environmentally friendly technology

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Sukandar & Fuad. 2015. Operation of underwater dipping lights on a step chart in Lekok waters. Journal of Innovation and Applied Technology. Vol 1 (2) : 101-105.

Gustaman, G., & I. Fauzian. 2012. The effectiveness of different colors of light on the catch of tancap charts in the waters of Sungsang, South Sumatra. 4 (1) : 92-102.

Bannerman, P., & Quartey, R. 2004. Laporan Pengamatan operasi penangkapan ikan ringan komersial di Ghana. Divisi Penelitian Perikanan Laut (MFRD). Ghana. 18 (4): 1-4.Syarfie, H. 2012. Efektivitas lampu tabung pada perikanan bagan [Tesis]. Bogor : Sekolah Pascasarjana IPB.

Mulyawan., Masjamsir., & Andriani, Y. 2015. The Effect of Different Colors of Light on the Catch of Squid (Loligo Spp) on Floating Charts in Palabuhanratu Waters, Sukabumi Regency, West Java. Journal of Marine Fisheries, 4 (2): p. 116-124.

Baskoro M, Taurusman A. Z, Sudirman. 2011. Tingkah Laku Ikan (Hubungannya dengan Ilmu dan Teknologi Perikanan Tangkap). CV. Lubuk Agung, Bandung. 258 p

Malawwa A. (2012). Dasar Dasar Penangkapan Ikan Makassar (ID): Masagena Press

Najamuddin dan A. Assir. 1993. Study of the Use of Fluorescent Lamps in Water with Different Powers in the Purse Seine Fishery in the Flores Sea, South Sulawesi. Torani Bulletin 3(3): 74-88

Notanubun, dan Patty. 2010. Differences in the use of light intensity on floating bagan catches in the waters of the Rosenberg Strait, Southeast Maluku Regency, Kei Islands. Journal of Fisheries and Marine Affairs. 6(3):134-140

Yami. B. 1988. Attracting Fish with Light. Roma : FAO




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v7i2.2156

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Julianus Umel



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :