Implementasi Model Pembelajaran Integratif dalam Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Mata Pelajaran PJOK di SD

idris moh latar idris, sitidivinibun siti siti, Stenly J. Wenno Stenly Stenly

Abstract


Kegiatan ini bertujuan untuk mengimplementasikan model pembelajaran integrative dalam mata Pelajaran PJOK di SD. Kegiatan ini diikuti oleh 28 orang guru dari 11 SD yang ada di kepulauan Kei Maluku Tenggara. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini terdiri dari persiapan, pelaksanaan, evaluasi, dan pelaporan. Sedangkan teknik kegiatan dilakukan dengan menyampaikan materi kurikulum merdeka, model pembelajaran integrative, tanya jawab, dan diskusi. Hasil kegiatan menunjukan guru-guru sangat puas, aktif selama kegiatan berlangsung. Kegiatan ini memberikan konstribusi kepada guru-guru dalam memahami dan membuat model pembelajaran integrative sebagai bagian dari kurikulum merdeka belajar. Guru dapat mengembangkan model integrative sesuai dengan karakteristik siswa, tujuan pembelajaran, sarana dan prasarana.


Keywords


model integrative, kurikulum merdeka belajar, PJOK

Full Text:

PDF

References


. A. Purwantyo, Pengembangan model pembelajaran integratif penjasorkes sekolah dasar Developing integrative learning model of penjasorkes of elementary school students, J. Pendidik. Jasm. Indones., vol. 14, no. 2, pp. 3849, 2018.

. F. Hakim Hasibuan, PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERBASIS INDIKATOR BERPIKIR KREATIF, Pendas J. Ilm. Pendidik. Dasar, 2023, doi: 10.23969/jp.v7i2.7147

. Z. Mezaoktriani, Peningkatan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing di Sekolah Dasar, J. Pendidik. Tambusai, vol. 4, pp. 26052614, 2020, [Online]. Available: https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/708/632

. Y. P. Astuti et al., Pendampingan Penggunaan Media Pembelajaran Game Edukasi Code.org bagi Siswa SMP Ibu Kartini Semarang.

. D. W. Utomo, E. Kartikadarma, and E. Dolphina, Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Bagi Guru SD Negeri Pedurungan Kidul 02 Semarang, vol. 7, no. 1, pp. 141146, 2024

. R. Febrianningsih and Z. H. Ramadan, Kesiapan Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar, J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 7, no. 3, pp. 33353344, Jun. 2023, doi: 10.31004/obsesi.v7i3.4686.

. K. Irfan, W. Wahjoedi, and N. P. D. S. Dartini, Modul Pembelajaran PJOK Tematik Teritegratif Sub Tema Aku Istimewa untuk Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar, J. Penjakora, vol. 8, no. 1, p. 9, 2021, doi: 10.23887/penjakora.v8i1.30560.

. Antara Maluku. 2023. https://www.antaranews.com/berita/3518544/minim-infrastruktur-jadi-penyebab-mutu-pendidikan-di-maluku-rendah. 3 Mei 2023.




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v7i2.2194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 idris moh latar idris, sitidivinibun siti siti, Stenly J. Wenno Stenly Stenly



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :