Internalisasi Nilai Moderasi Beragama pada Fiksi Mini

Siti Azizah, Kristanti Ayuanita, Aflahah Ismail, Selvi Fauziyah, Badrus Soleh

Abstract


Indonesia sebagai negara multikultural memiliki keragaman agama, suku, budaya, adat istiadat, dan lain sebagainya. Untuk menjaga keharmonisan dan persatuan bangsa, penting untuk menanamkan sikap toleransi sejak dini pada generasi muda. Salah satu upaya membangun sikap solidaritas sosial yang baik pada siswa adalah dengan menanamkan nilai-nilai moderasi beragama melalui penulisan fiksi mini. Pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini bertujuan memberikan pemahaman kepada siswa Madrasah Aliyah Mabdaul Falah Kaduara Barat Pamekasan tentang prinsip-prinsip moderasi beragama dan pentingnya hal tersebut dalam interaksi sosial.  Selain itu, PKM ini juga bertujuan meningkatkan literasi menulis siswa dalam bentuk fiksi mini yang mengandung nilai-nilai moderasi beragama. Kegiatan pengabdian ini menggunakan tahapan aktivitas discovery, dream, design, define, dan destiny dalam paradigma Asset Based Community-Driven Development (ABCD). Melalui kegiatan pelatihan dan pendampingan, PKM ini menghasilkan capaian; pertama, siswa memiliki pengetahuan tentang moderasi beragama dan cerita mini. Kedua, siswa mampu menulis cerita mini yang mengandung nilai-nilai moderasi beragama.

Keywords


Internalisation, Religious moderation values, Flash fiction

Full Text:

PDF

References


Kelihu,dkk Milenial Bincang Perdamaian: Antologi Esai Indonesia Milenial Movement, I. Jakarta, 2018.

M. A. Hermawan, “Nilai Moderasi Islam dan Internalisasinya di Sekolah,” Insa. J. Pemikir. dan Altern. Kependidikan, vol. 25(1), pp. 31–43, 2020.

Ah. Fawaid et al., Menuju Wasatiyah Islam: Catatan Reflektif Keberagaman Yang Moderat. 2020.

S. M. Habibah, R. R. N. Setyowati, and F. Fatmawati, “Moderasi Beragama dalam Upaya Internalisasi Nilai Toleransi pada Generasi Z,” Pancasila J. Keindonesiaan, pp. 126–135, Apr. 2022, doi: 10.52738/pjk.v2i1.70.

A. Tambunan, “Fiksi Mini Sebagai Kesusatraan Mutakhir dalam Pendekatan Sosiologi Sastra,” J. Bhs. Indones., vol. 1, no. 1, pp. 1–11, 2018.

A. Afandi and R. D. Fitriyah, Pendekatan-Pendekatan Dalam University-Community Engangement. 2021.

A. K. A. A. Azis, Moderasi Beragama Berlandaskan Nilai-Nilai Islam. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, 2021.

H. I. P. Mertoyono, Angela, Jangan Berkedip! Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2006.

G. A. Gong, “Pelatihan Penulisan Fiksi Mini.”




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v7i2.2238

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Siti Azizah, Kristanti Ayuanita, Kristanti Ayuanita, Aflahah Ismail, Aflahah Aflahah, Selvi Fauziyah, Selvi Fauziyah, Badrus Soleh, Badrus Soleh



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :