Pelatihan Pengembangan Visualisasi Materi Ajar Rangkaian Listrik berbasis PhET Interactive Simulations untuk Guru

Lydia Sari, Syah Alam, Indra Surjati, Rahmi Maulidya

Abstract


Madrasah Tsanawiyah (MTs) Tarbiyatul Falah adalah sekolah menengah pertama yang terletak di Kecamatan Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat. MTs Tarbiyatul Falah menggunakan kurikulum gabungan Kementerian Agama dan Kementerian Pendidikan, sehingga mata pelajaran Fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib ditempuh oleh siswa. Materi Rangkaian Listrik adalah bagian dari mata pelajaran Fisika, yang memerlukan pemahaman atas konsep-konsep yang abstrak. Pada umumnya untuk membantu siswa memahami konsep-konsep rangkaian listrik, diberikan sesi pembelajaran di laboratorium. Namun pembelajaran di laboratorium hanya dapat membantu siswa melihat hal-hal yang terjadi di level permukaan, dan tidak membantu pemahaman siswa atas proses-proses dan mekanisme yang tidak kasat mata, misalnya aliran arus. Program Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberi pelatihan guna membantu guru menyiapkan materi ajar yang menarik dan memudahkan siswa memahami konsep-konsep abstrak pada teori rangkaian listrik, berbasis simulator daring Physics Education Technology (PhET).   Pelatihan meliputi presentasi materi untuk pembuatan rangkaian listrik arus searah dan analisisnya, demonstrasi peranti lunak dan praktek menggunakan PhET serta diskusi. Dari hasil pre-test dan post-test diketahui bahwa terdapat peningkatan nilai peserta sebanyak 69%, sehingga dapat disimpulkan bahwa pelatihan telah dapat meningkatkan pemahaman guru terkait pemanfaatan simulator PhET untuk penyusunan materi rangkaian listrik.

Keywords


Rangkaian listrik, simulasi, daring, pelatihan

Full Text:

PDF

References


T. Jaakkola and S. Nurmi, “Fostering elementary school students’ understanding of simple electricity by combining simulation and laboratory activities,” J Comput Assist Learn, vol. 24, no. 4, pp. 271–283, Aug. 2008, doi: 10.1111/j.1365-2729.2007.00259.x, pp. 271-283.

T. Jaakkola and K. Veermans, “Learning electric circuit principles in a simulation environment with a single representation versus ‘concreteness fading’ through multiple representations,” 2020, Comput Educ, vol. 148, doi: 10.1016/j.compedu.2020.103811, pp. 1-17.

T. Jaakkola, S. Nurmi, and K. Veermans, “A comparison of students’ conceptual understanding of electric circuits in simulation only and simulation-laboratory contexts,” 2011, J Res Sci Teach, vol. 48, no. 1, pp. 71–93, doi: 10.1002/tea.20386.

A. Silvia Handayani et al., “Pemanfaatan Aplikasi Rangkaian Listrik Sebagai Media Pembelajaran Fisika,” 2020, Jurnal Aptekmas: Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 3, no. 2, doi: 10.36257/apts.vxix, hal. 55-59.

M. Apriyadi, H. Sirad, and R. Musra, “Pelatihan Simulasi Rangkaian Listrik Bagi Siswa SMK Negeri 2 Ternate Menggunakan Software Proteus,” 2021, Jurnal Patria Artha, vol. 1, no. 1, hal. 1-4.

R. Ratnadewi et al., “Pembelajaran Rangkaian Listrik dengan Aplikasi TinkerCAD Circuit pada Akademisi di Indonesia,” 2023, Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, vol. 7, no. 3, pp. 819–829, doi: 10.29407/ja.v7i3.16831.

B. Sukrisna, I. Wayan Sudiarta, and I. Gusti Ngurah Yudi Handayana, “Penguatan Materi Rangkaian Listrik Menggunakan Tinkercad Untuk Siswa Ponpes Cendekia Darul Lutviyah Murni NW Aikmel,” 2021, Prosiding Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat Tahun 2021 LPPM Universitas Mataram, hal. 66-73, Mataram, 17 November 2021.

S. Khaerani, “Pemanfaatan Laboratorium Virtual Berbasis Ewb (Electronics Workbench) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa IPA Kelas XII IPA MA Nw Darussalimin Sengkol, Batukliang Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019”, 2018, Jurnal ORBITA Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika, vol. 4, no. 2, hal. 47-51.

N. D. Finkelstein et al., “When Learning About The Real World Is Better Done Virtually: A Study Of Substituting Computer Simulations For Laboratory Equipment,” 2005, Physical Review Special Topics - Physics Education Research, vol. 1, no. 1, doi: 10.1103/PhysRevSTPER.1.010103, pp. 010103-1 - 010103-8.

C. Blake and E. Scanlon, “Reconsidering simulations in science education at a distance: Features of effective use,” 2007, J Comput Assist Learn, vol. 23, no. 6, pp. 491–502, doi: 10.1111/j.1365-2729.2007.00239.x., pp. 491-502




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v7i2.2257

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Lydia Sari



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :