Optimalisasi Penggunaan Teknologi Dalam Berbisnis di Desa Dadapayam, Kab. Semarang

Deva Nita Mulya, Yashinta Putri Dwi Astuti, Aldian Umbu Tamu Ama, Ignatius Bias Galih Prasadhya, Ricky Arnold Nggili

Abstract


Perkembangan teknologi informasi telah menjadi kunci bagi UMKM dalam memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran yang efektif. Sistem informasi yang terstruktur menghadirkan manfaat besar bagi bisnis, mulai dari meningkatkan efisiensi proses hingga memperkuat kerja tim untuk meningkatkan daya saing. E-commerce menjadi solusi bagi tantangan yang dihadapi UMKM, dengan biaya pemasaran terjangkau dan kemampuan untuk mempromosikan produk tanpa infrastruktur fisik yang mahal. Melalui pendampingan dan workshop, pelaku bisnis di Desa Dadapayam, Kabupaten Semarang, diberi pengetahuan dan keterampilan untuk memanfaatkan teknologi secara optimal dalam bisnis mereka, dengan fokus pada media sosial, marketplace, dan website. Tahapan pendampingan mencakup survey, sosialisasi, dan pembuatan desain promosi, dengan tujuan mengatasi kendala utama terkait kurangnya pemahaman dan kesulitan dalam menggunakan media digital untuk promosi dan penjualan. Langkah-langkah strategis telah dirumuskan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya teknologi dalam bisnis dan menyediakan wadah bagi UMKM untuk mempelajari dan menerapkan teknologi tersebut secara efektif.


Keywords


UMKM, Teknologi Informasi, Digital Marketing

Full Text:

PDF

References


Wiyarti, R., Cahyo, H., & Nirmala, N. (2018). Umkm Business Development Before And After Receiving Cheap Funding On Bmt Ben Sejahtera Kecamatan Kroya Cilacap District. Majalah Imiah Manajemen Dan Bisnis, 15(1), 54-69.

Supriyanto. 2004. Pemberdayaan Teknologi Informasi untuk Keunggulan Bisnis. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan.

Achadi, Ady., Cahyo, Heru., Pahlevi, Akbar. 2023. Pemasaran Produk Umkm Melalui Sarana Digital. WIKUACITYA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat.

Anggraeni, E.Y. & Irvani, R. 2017. Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Lubis, Noor Adinda S.F. & Nasution, Muhammad Irwan Padli. 2023. Optimalisasi Efisiensi Bisnis Organisasi Melalui Pemanfaatan Sistem dan Teknologi Informasi. Jurnal Teknik Mesin, Industri, Elektro dan Informatika (JTMEI).

Hadi, Noor. 2017. Bentuk Teknologi Informasi dalam Mendukung E-Commerce Usaha Kecil dan Menengah. Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam.




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v7i2.2274

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Deva Nita Mulya, Yashinta Putri Dwi Astuti, Aldian Umbu Tamu Ama, Ignatius Bias Galih Prasadhya, Ricky Arnold Nggili



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :