Pengenalan E-Modul Untuk Pengenalan Food And Baverage Pada Himpunan Mahasiswa Program Studi Pengelolaan Perhotelan

Guruh Taufan Hariyadi, Andi Hallang Lewa, Neni Kurniawati, Aries Setiawan, Ida Farida, Budi Widjajanto, Jaka Prasetya, Karis Widyatmoko, Imam Nuryanto, Aris Puji Purwatiningsih

Abstract


Terkait pembelajaran tentang dunia kuliner, selama ini masih menggunakan buku atau modul pembajaran manual atau walaupun sudah berbasis komputer namun hanya sebatas mengumpulkan bahan pembelajaran dari artikel di internet. Pada intinya modul pembelajaran fungsinya mendampingi siswa dalam kegiatan belajaran mengajar, namun yang terjadi selama ini sebagai dampak perkembangan teknologi dan gadget membuat mahasiswa malas untuk belajar dari buku atau modul manual, mereka lebih senang browsing dari literatur yang ada diinternet. Berkaitan permasalah diatas maka teknologi informasi mempunyai peranan penting, salah satu model pemberian materi yang bisa digunakan adalah E- modul. Tujuan dari pelatihan pembuatan e-modul ini adalah memberikan pengetahuan kepada para mahasiswa khususnya anggota HMPP dalam menyusun buku resep yang praktis dan mudah memberikan tutorial menu resep masakan. Setelah adanya pelatihan pembuatan E-Modul, mahasiswa pada program studi Pengelolaan Perhotelan, mampu dengan mudah belajar tentang kuliner berbasis e-modul.


Keywords


E-Modul, Food and Baverage, Perhotelan

Full Text:

PDF

References


U. M. Nusantara, "Simak 5 Skill yang Akan Kamu Pelajari di Jurusan Perhotelan," Nusantara, Universitas Multimedia, 2022.

W. P. Anggraeni, "Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbantuan Aplikasi Flip PDF Corporate Edition pada Materi Penanganan Telepon," vol. 6, p. 2022.

A. Ellysia, "Pengembangan e-Modul Dengan Flip PDF Professionalpada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika," Vote Teknika, vol. 9, pp. 91-96, 2021.

Susanto, "Pelatihan E-Modul Menggunakan Flip Pdf untuk Pembelajaran Masa Pandemi Covid 19," Jurnal Ambas Negeri, vol. 2, pp. 9-16, Juni 2021.

I. Thahir, "Pembuatan Bahan Ajar E-Modul Menggunakan Aplikasi Flip PDF Professional," I-Com: Indonesian Community Journal, vol. 2, pp. 533-541, Desember 2022.

W. Widiyanti, "Pemanfaatan Pembuatan E-Book Berbasis Interactive Flip Book Bagi guru SMK Cendika Bangsa Kepanjen," Jurnal Graha Pengabdian, vol. 3, pp. 126-135, Mei 2021.




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v7i2.2344

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Guruh Taufan Hariyadi, Andi Hallang Lewa, Neni Kurniawati, Aries Setiawan, Ida Farida, Budi Widjajanto, Jaka Prasetya, Karis Widyatmoko, Imam Nuryanto, Aris Puji Purwatiningsih



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statcounter

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :