Pendampingan Membangun Portal Aplikasi Android Gamelan Wirun Untuk Memperluas Pasar Gamelan

Yohan Wismantoro, Karis Widyatmoko

Abstract


Ekonomi kreatif merupakan bagian yang integral dan semakin strategis dalam perencanaan pembangunan nasional guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Gamelan, merupakan salah satu warisan budaya bangsa serta kemanusiaan yang potensial untuk dikembangkan dalam rangka pengembangan industri kreatif, peningkatan kesejahteraan masyarakat serta penanaman nilai-nilai luhur budaya bangsa. Secara empiris, kontribusi industri kreatif terhadap pembangunan. Pembuatan aplikasi android Gamelan Wirun dibuat untuk strategi penetrasi pasar dan perluasan pasar, yaitu meningkatkan penjualan gamelan melalui teknologi. Aplikasi ini dapat diakses melalui play store android di smartphone. Dengan demikian pasar menjadi langsung, artinya pembeli gemelan dimanapun baik lokal, nasional maupun di seluruh dunia dapat langsung berinteraksi melalui program Aplikasi Gamelan Wirun. Melalui pendampingan dan pelatihan, pemahaman dan awareness pengrajin terhadap penggunaan teknologi untuk transaksi menjadi semakin tinggi.

 

 


Keywords


Kata kunci: Gamelan Wirun, Play Store, industri kreatif

Full Text:

PDF

References


www.kemenpar.go.id

http://www.kapanlagi.com

Chikweche, T. and Fletcher, R. (2017), "Entrepreneurship and ethics under extreme conditions of poverty: “Exploring the realities”", Society and Business Review, Vol. 12 No. 1, pp. 4-19. https://doi.org/10.1108/SBR-11-2015-0065

Haugh, H.M. and Pardy, W. (1999), "Community entrepreneurship in north east Scotland", International Journal of Entrepreneurial Behavior & Research, Vol. 5 No. 4, pp. 163-172. https://doi.org/10.1108/13552559910293119

Merlo, O & Auh, S.(2009). The effect of entrepreneurial orientation, market orientation andmarketing subunit influence on firm performance. Marketing Letters. 20. 295-311.

Pramudi, Tyas., Model Pembelajaran Multimedia Seni Gamelan Jawa, Riptek, Vol. 4, No. 1, 2010

Pramudi, Tyas., Budiman, Fikri., Sunardi, Desain Virtual Gamelan Jawa sebagai Medi Pembelajaran, Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi, 2010.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v4i2.240

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yohan Wismantoro, Karis Widyatmoko



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :