PKM Pelatihan Optimasi Pendataan Santri Baru Dengan Framework YII pada Pondok Pesantren Askhabul Kahfi Gunungpati Polaman Kecamatan Mijen Kota Semarang

Sendi Novianto, Indra Gamayanto, Hanny Haryanto

Abstract


Informasi saat ini berperan sangat penting sekali di berbagai bidang, baik dibidang perbankan, bisnis, maupun di bidang pendidikan. Pondok pesantren Askhabul Kahfi adalah lembaga pendidikan islam. Dalam pendataan para santrinya, pondok ini sudah menggunakan sistem informasi secara online. Tetapi pada penerapan pendataan santri-santri yang ada disana belum dilakukan secara optimal. Hal ini menyebabkan banyaknya data yang redudansi / duplikasi. Selain itu juga, efek dari data redudansi ini menyebabkan tidak updatenya data yang ada, hal ini menyebabkan informasi antara data yang redudansi menjadi tidak sinkron / tidak sama. Dengan terjadinya hal ini tentunya akan menyebabkan kebingungan bagi pihak yang berhubungan, misalnya informasi ukuran jas calon santri bisa berbeda saat pengukuran dan pembuatannya. Dari informasi yang didapatkan, hal ini karena sistem informasi yang dipakai adalah buatan dari pihak ketiga, hal ini menyulitkan mereka untuk mendapatkan data yang diinginkan sehingga, secara tidak langsung mereka mengkombinasikan data yang ada dengan data manual. Dengan adanya pengenalan framework dalam membangun sistem informasi, diharapkan mereka nantinya dapat mengelola dan mengembangkan sistem informasi yang sesuai dengan keinginan mereka sendiri secara mandiri dan tentunya juga menghindari adanya redudansi data. Dalam prakteknya, setelah mereka mengetahui fungsi dari framework dan komponen pendukung lainnya, mereka dengan mudah dapat membuat aplikasi sederhana untuk dikembangkan lebih lanjut ke aplikasi sistem informasi pendataan yang lebih komplek. 


Keywords


Optimasi, Pendataan Santri, Framework YII, Pondok Pesantren

Full Text:

PDF

References


Rodliyah; and S. H, “Manajemen Pondok Pesantren Berbasis Pendidikan Karakter (Studi Kasus di Pondok Pesantren ‘Annurryah’ Kaliwining Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember),” Cendekia, vol. 12, no. 2, 2014.

Nuryana, Konsistensi Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Al-Ma’un Desa Kepuh Palimanan Cirebon. 2013.

Purwanti, “Implementasi Pengembangan Karakter Dalam Pembelajaran Di Lembaga Pendidikan Tinggi Kependidikan (LPTK),” J. Pendidik. Sosiol. Dan Hum., vol. 3, no. 2, pp. 120–131, 2012.

“Best Web Development Languages in 2020.” https://www.designveloper.com/blog/web-development-languages-2020/.

“Framework Benchmarks.” https://www.techempower.com/benchmarks/.

“Apa itu Yii.” https://www.yiiframework.com/doc/guide/1.1/id/quickstart.what-is-yii (accessed Mar. 31, 2021).

A. S. Zain;, E. M. Sari;, and M. Arif;, “Pengembangan Sistem Informasi Penerimaan Siswa baru berbasis Web Di SMA 1 Annuqayah Sumenep,” J. Ilm. Edutic, vol. 4, no. 2, pp. 53–62, 2018.

Sarwindah, “Sistem Pendaftaran Siswa Baru Pada SMP Negeri 1 Kelapa Berbasis Web,” SISFOKOM, pp. 110–115, 2018.

Sarwindah, “Perancangan Sistem Informasi Tata Tertib Siswa Pada SMP Negeri 4 Kelapa Berbasis Desktop,” J. Untan, 2014.

N. Bunafit, Dasar Pemrograman Web PHP - MySQL Dengan Dreamweaver. Yogyakarta: GavaMedia, 2013.

J. A. Pribadi; and F. Y. Irsyadi;, “Sistem Informasi Pendaftaran Siswa Baru Berbasis Web (Studi Kasus : SMA Negeri 1 Pacitan),” PMB, 2015.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v4i3.242

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sendi Novianto



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :