Pengenalan Algoritma Komputasi pada Kelas Robotik pada Siswa SD Islam Bintang Juara dengan Metode Computational Thinking

Erna Zuni Astuti, Feri Agustina, Erlin Dolphina, Novita Kurnia Ningrum

Abstract


Kolaborasi robotika dalam pembelajaran di kelas berdampak pada kemampuan berpikir komputasi siswa. Penelitian ini melibatkan 2 orang guru sekolah dasar (Kelas 3-5) dari empat sekolah yang memperkenalkan perangkat robotika. Hasilnya menunjukkan bahwa mengeksplorasi dengan dan menggunakan perangkat dan aktivitas robotik, membantu guru membangun kepercayaan diri dan pengetahuan mereka untuk memperkenalkan pemikiran komputasi kepada siswa muda. Penelitian ini mengidentifikasi bahwa pengembangan profesional guru. Pendekatan pembelajaran terpadu antara sains, teknologi, teknik dan matematika untuk mengembangkan kreativitas siswa melalui proses pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga perlu difokuskan secara eksplisit bagaimana mengajarkan aktivitas science, technology, engineering, and mathematics (STEM) berbasis robotika yang sesuai dengan perkembangan yang lebih mengedepankan konsep, praktik, dan perspektif komputasi.

 

 


Keywords


computational thinking, robotic, STEM, sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


R. B. A. F. Kunthi Ratna Kawuri, "Penerapan Computational Thinking untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIA 9 SMA Negeri 1 Surakarta pada Materi Usaha dan Energi 6," Jurnal Materi dan Pembelajaan Fisika, vol. 9, no. 2, 2019.

H. S. Dewi, M. A. Putri, A. Kurniawan , B. Y. Prakoso, S. Budilaksono, W. H. Kencana and Febriyanto, "SMART FARMING TEKNOLOGI MONITORING PRODUKSI DAN PENGOLAHAN KEBUN ORGANIK," Jusikom : Jurnal Sistem Komputer Musirawas , vol. 7, no. 1, Juni 2022.

L. Iyer, "Critical Thinking and it's Importance in Education," Conference: Cognitive,Psychological and Behavioural Perspectives in Education, 2019.

K. Changwong, A. Sukkamart and B. Sisan, "Critical thinking skill development; Analysis of a new learning management model of Thail School Management," Journal of International Studies, vol. 11, no. 2, pp. 37-48, 2018.

Suwardi, "Stem (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) Inovasi Dalam Pembelajaran Vokasi Era Merdeka Belajar Abad 21," Paedagogy : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi, vol. 1, no. 1, pp. 2797-3336, Juni 2021.

R. Rifandi and Y. L. Rahmi, "STEM education to fulfil the 21st century demand: a literature review," Journal of Physics: Conference Series , Vols. Vol. 1317,, no. 1, p. 012208, 2019.

C. Chalmer, "Robotika dan pemikiran komputasional di sekolah dasar," Jurnal Internasional Interaksi Anak-Komputer, vol. 17 , pp. 93-100, September 2018,.




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v8i1.2717

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Erna Zuni Astuti



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statcounter

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di : 

slot online luxury89 situs toto