Sosialisasi Penguatan Soft Skills bagi Calon Guru Sekolah Dasar

Siti Halidjah, Hery Kresnadi, Asmayani Salimi, Rio Pranata, Dyoty Aulia Vilda Ghasya, Kartono Kartono, Agung Hartoyo, Hairida Hairida, Ricka Tesi Muskania, Nany Safrianty, Muhammad Irfan Izudin, Bayu Prasodjo

Abstract


Abstrak

Kegiatan ini meningkatkan pemahaman pada mahasiswa tentang pentingnya soft skills dalam profesi guru, memberikan bekal praktis dalam mengembangkan soft skills yang relevan dengan konteks pembelajaran di sekolah dasar, dan meningkatkan kompetensi calon guru sekolah dasar dalam menerapkan soft skills dalam interaksi dengan siswa dan rekan sejawat. Metode penyampaian berupa bimbingan langsung, dilaksanakan selama sehari dengan fokus pada konsep dan praktik penerapan soft skills yang relevan dengan konteks pembelajaran di sekolah dasar. Kegiatan dilaksanakan di Kampus PGSD FKIP Untan, diikuti oleh 33 mahasiswa yang tergabung dalam kepengurusan HIMA PGSD Tahun 2023/2024. Hasil akhir memberikan dampak positif dalam menambah bekal menjadi calon guru yang profesional dalam hal keterampilan nonteknis atau interpersonal yang kelak dapat diaplikasi dalam mengemban tugas sebagai guru.

 

Kata kunci: Penguatan Soft Skills, Calon Guru Sekolah Dasar.

 

Abstract

This activity increases students' understanding of the importance  of soft skills in the teaching profession, provides practical provisions in developing soft skills that are relevant to the learning context in elementary schools, and improves the competence of prospective elementary school teachers in applying soft skills in interactions with students and peers. The delivery method is in the form of direct guidance, carried out for a day with a focus on the concept and practice of applying soft skills that are relevant to the learning context in elementary school. The activity was held at the PGSD FKIP Untan Campus, attended by 33 students who are members of the management of HIMA PGSD in 2023/2024. The final result has a positive impact in adding to the provision of becoming a professional teacher candidate in terms of non-technical or interpersonal skills that can later be applied in carrying out duties as a teacher.

 

Keywords: Strengthening Soft Skills, Elementary School Teacher Candidates.


Full Text:

PDF

References


Hidayati, W. S., & Rafi, M. F. (2021, September). Identifikasi Soft Skills Guru dalam Pembelajaran Matematika. In Prosiding Conference on Research and Community Services (Vol. 3, No. 1, pp. 95-102). https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/CORCYS/article/view/2007/1630.

Siahaan, F. E., & Pane, E. P. (2021). Penerapan Pendekatan Saintifik Berbasis Model Pembelajaran Guided Inquiry untuk Meningkatkan Soft Skills Mahasiswa Pendidikan Fisika. Jurnal Basicedu, 5(6), 5877-5884. https://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1521/pdf.

Maharbid, D. A. (2021). Analisis Soft Skill Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar pada Program Pengenalan Lapangan Persekolahan. Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 116-126. https://journals.ukitoraja.ac.id/index.php/ej/article/view/1454/1076.

Rokhimawan, M. A. (2016). Implementasi Pengembangan Soft Skill Mahasiswa PGMI dalam Pembelajaran Sains di MIN 1 Wonosari Yang Bervisi Karakter Bangsa. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 255-278. https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/LITERASI/article/view/84/83

Wahyuni, A. (2011). Mengasah Interpersonal Skills Mahasiswa Calon Pendidik. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 1-10. https://pedagogia.umsida.ac.id/index.php/pedagogia/article/view/1299/1473

Ayaturrahman, J. D., & Rahayu, I. (2023). Dampak Soft Skill terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa di Era Industri 4.0. In Proceeding of National Conference on Accounting & Finance (pp. 169-175). https://journal.uii.ac.id/NCAF/article/view/27374/14676

Syahputra, M. A. D. (2021). Pentingnya Pendekatan Interpersonal Skills untuk Mengembangkan Hard Skill & Soft Skill pada Mahasiswa. JEJAK: Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah, 1(2), 82-90. https://online-journal.unja.ac.id/jejak/article/view/16320/13197

Ananto, P. (2020). Soft Skills untuk Pendidikan Vokasi (Life Skills Education). Jakarta: Polimedia Publishing.

Magdalena, L., Putri, N. R., Devi, S., Aulia, S. N., & Nabilah, S. (2024). Kreatifitas untuk Peluang Berkarya Menuju Kesuksesan. Jambi: Sonpedia Publishing Indonesia.

Roofiq, M., Ratumbuysang, M. F. N. G., Hasanah, M., & Nor, B. (2024). Pengaruh Soft Skill terhadap Kesiapan menjadi Guru pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP ULM. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 12(1), 139-145. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jupe/article/view/58128/45744

Afif, N., & Arifin, A. H. (2022). Kesiapan Kerja Mahasiswa Akuntansi di Era Digital: Cukupkah Hanya Hard Skills? KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 14(1), 50-62. https://www.ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/krisna/article/view/4772/3738

Anisa, U. F., Dewita, N. S., & Ronelly, R. (2021). Pengaruh Hard Skill dan Soft Skill terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Riau (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Riau). Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Ekonomi, 8(1), 1-13. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFEKON/article/view/32478

Sama’ & Seftinindias, R. (2023). Peran Soft Skill Mahasiswa terhadap Kesiapan Kerja bagi Mahasiswa Semester Akhir Prodi PGSD STKIP PGRI Sumenep. In PROSIDING SNAPMA (Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat LPPM UNIPMA) (Vol. 1, pp. 120-125). https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNAPMA/article/view/5223/4198

Nasution, K. (2020). Peningkatan Mutu Calon Guru PAI melalui Pengembangan Soft Skill di Perguruan Tinggi Agama Islam. Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 7(2), 188-201. https://jurnal.uinsyahada.ac.id/index.php/DI/article/view/2237/1829

Amin, M. (2017). Kebutuhan Soft Skills bagi Tenaga Kerja Lulusan Pendidikan Vokasi. Prosiding Seminar Hilirisasi Penelitian Untuk Kesejahteraan Masyarakat Lembaga Penelitian Universitas Negeri Medan, 28 September 2017 (Cetakan I: 2017, pp. 407—417). https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52613/1/Article.pdf

Amin, M., & Panahatan, P. (2018). Eksplorasi Soft Skill yang Relevan untuk Peningkatan Kompetensi Calon Guru SMK. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(3), 2094-2101. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3264/2726




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v8i1.2738

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 siti halidjah



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statcounter

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :