Pengaruh Digital Marketing Literasi Keuangan Teknologi Finansial dan Inklusi Keuangan Terhadap Pendapatan UMKM di Kota Salatiga

Ajik Yunamahindra, Diyah Ariyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh digital marketing, literasi keuangan, teknologi finansial, dan inklusi keuangan terhadap pendapatan UMKM di Kota Salatiga. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 100 pemilik UMKM di Salatiga. Untuk menganalisis data yang terkumpul, digunakan analisis regresi berganda guna menguji dampak digital marketing, literasi keuangan, teknologi finansial, dan inklusi keuangan terhadap pendapatan UMKM di Kota Salatiga. Uji statistik seperti uji F dan uji t digunakan untuk menilai signifikansi model dan variabel individu, memastikan keandalan hasil yang diperoleh. Pemasaran digital terbukti memberikan dampak positif terhadap pendapatan UMKM dengan memperluas cakupan pasar. Sementara itu, literasi keuangan memiliki pengaruh negatif karena pengetahuan yang ada tidak diterapkan secara efektif. Teknologi finansial memberikan pengaruh positif dengan meningkatkan efisiensi transaksi dan arus kas, sementara inklusi keuangan mempermudah akses ke pembiayaan yang mendukung perkembangan usaha.


Keywords


Digital Marketing; Literasi Keuangan; Teknologi Finansial; Inklusi Keuangan; Pendapatan UMKM

Full Text:

PDF

References


Amelia, A. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Sikap Keuangan, dan Kepribadian terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan pada Pelaku UMKM Kelurahan Gedong, Jakarta Timur. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 12(1), 129. https://doi.org/10.30588/jmp.v12i1.890

Bambang, S., & Abdur, R. (2019). Implementasi Pemasaran Digital Dalam Meningkatkan Pendapatan Pelaku Umkm Pamokolan Ciamis. Jurnal PRODUKTIF, 3(2), 254–261. http://www.journal.umtas.ac.id/index.php/produktif/article/view/669

Cahyani, R. N. (2021). DIGITALISASI PEMASARAN UMKM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KOTA SEMARANG PROVINSI JAWA TENGAH. JOURNAL INDONESIA, 1(1), 1–17.

Diandra, D., & Syahputra, E. (2021). Covid-19 dan Strategi Bertahan Bisnis di Era Inovasi Digital: Dalam Perspektif Kapabilitas Digital Keunggulan Sumber Daya. Prosiding Industrial Research …, 4–5. https://jurnal.polban.ac.id/ojs-3.1.2/proceeding/article/view/2887/2238

Fadilla, D., & Hasan, M. (2023). 10.19184/jpe.v17i2.40291 STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS EKONOMI KREATIF PENUNJANG SEKTOR PARIWISATA DI KABUPATEN WAJO. … Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan …, 17, 296–301. https://doi.org/10.19184/jpe.v17i2.40291

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Undip.

Hadi, D. F., & Zakiah, K. (2021). Strategi Digital Marketing Bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) untuk Bersaing di Era Pandemi_Strategi Digital Marketing Bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) untuk Bersaing di Era Pandemi. Competitive, 16(1), 32–41. https://doi.org/10.36618/competitive.v16i1.1171

Hasan, M., Nasution, N., Sofyan, S., Guampe, F. A., & ... (2023). Pendidikan Dan Sumber Daya Manusia: Menggagas Peran Pendidikan Dalam Membentuk Modal Manusia. In Penerbit Tahta …. http://tahtamedia.co.id/index.php/issj/article/view/322

Hernikawati, D. (2022). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Di Kota Sigli. MAJALAH ILMIAH SEMI POPULER KOMUNIKASI MASSA, 3(1), 9–17. https://doi.org/10.24815/jpg.v8i2.25422

Ika, I., Putri, S., Hayati, S., Friantin, E., Progdi D-3 Akuntansi, D., Tinggi, S., Ekonomi, I., & Unggul Bhirawa, A. (2021). Dampak Fintech Syariah Dalam Meningkatkan Keuangan Inklusif Pada UMKM Di. Bhirawa: Journal of Marketing And Commerce, 6(1), 47–54.

Indarti, S. H. (2017). Pembangunan Indonesia Dalam Pandangan Amartya Sen. The Indonesian Journal of Public Administration (IJPA), 3(1), 35–50. https://doi.org/10.52447/ijpa.v3i1.727

Joko, J. S., Anisma, Y., & Sofyan, A. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan, Dan Inovasi Terhadap Kinerja Umkm. CURRENT: Jurnal Kajian Akuntansi Dan Bisnis Terkini, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31258/current.3.1.1-10

Krisnahadi, T. (2020). Implikasi Covid Dengan Pemanfaatan Digital Marketing Terhadap Pendapatan Pelaku Usaha Kuliner Disekitar Obyek Wisata Pantai Pandanan Lombok Utara. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(2), 88–91. https://doi.org/10.58258/jime.v6i2.1383

Laksana, Y. A. (2022). PENGARUH KEMISKINAN , TINGKAT PENGANGGURAN , DAN FOREIGN DIRECT INVESTMENT TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA THE INFLUENCE OF POVERTY , UNEMPLOYMENT RATES , AND FOREIGN DIRECT INVESTMENT ON ECONOMIC GROWTH IN. 12(3), 1–9.

Marija Sihwahjoeni, G. A. (2021). Pengaruh Financial Capital, dan Literasi Keuangan terhadap Kinerja Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Kota Malang. Jurnal Akuntansi Dan Perpajakan. AP - AKUNTANSI PERPAJAKAN.

Novitasari, A. T. (2022). Kontribusi Umkm Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Era Digitalisasi Melalui Peran Pemerintah. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 9(2), 184. https://doi.org/10.30998/jabe.v9i2.13703

Petrisia, G. M. C., Dwiatmadja, C., Margarena, A. N., & Manoppo, E. (2024). Faktor-faktor yang Memengaruhi Ketrampilan Digital Karyawan bagi UMKM untuk Naik Kelas. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 13(2), 607–623. https://doi.org/10.30588/jmp.v13i2.1691

Raharjo, K., Dalimunte, N. D., Purnomo, N. A., Zen, M., Rachmi, T. N., Sunardi, N., & Zulfitra. (2022). Pemanfaatan Financial Technology dalam Pengelolaan Keuangan pada UMKM di Wilayah Depok. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 2(1), 67–77. https://doi.org/10.51805/jpmm.v2i1.70

Rifa’i, & Achmad. (2017). Peran Bank Pembiayaan Rakyat Syariah dalam Mengimplementasikan Keuangan Inklusif Melalui Pembiayaan UMKM Achmad Rifa ’ i Latar Belakang Indonesia merupakan salah satu negara yang diprediksi beberapa tahun mendatang akan menjadi bagian dari 5 besar negara. Journal of Islamic Economics and Business, 2(2), 177–200. https://doi.org/10.24042/febi.v2i1.943177177

Santika, Z. D., & Maulana, M. A. (2020). Penurunan Pendapatan UMKM Akibat Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Penalaran Dan Penelitian Nusantara, 1, 150–159.

Septiani, R. N., & Wuryani, E. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Inklusi Keuangan Terhadap Kinerja Umkm Di Sidoarjo. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(8), 3214. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i08.p16

Sudrartono, T., Nugroho, H., Irwanto, I., Agustini, I. G. A. A., Yudawisastra, H. G., Maknunah, L. U., Amaria, H., Witi, F. L., Nuryanti, N., & Sudirman, A. (2022). Kewirausahaan Umkm Di Era Digital. In Cv Widina Media Utama.

Sumadi. (2021). DINAMIKA TRANSFORMASI UMKM DI ERA DIGITALISASI PANDEMI COVID-19. Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper STIE AAS, 189–200.

Yustikarini, R. S., Nurmalita, A., Arisma, D., & Sechan, S. N. (2023). ANALISIS DAN REKOMENDASI STRATEGI PENGHIDUPAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH KOTA SALATIGA PADA PERIODE PANDEMI COVID-19. Jurnal Litbang Sukowati, 7(2). https://doi.org/10.32630/sukowati.v7i2.370




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v8i1.2836

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Ajik Yunamahindra, Diyah Ariyani



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statcounter

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di : 

slot online luxury89 situs toto