Transformasi Digital UMKM Melalui Pelatihan Data Science: Studi Kasus di Kelurahan Kembangan Utara

Yudo Devianto, Bambang Sukowo, Dwiki Jatikusumo

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di Kelurahan Kembangan Utara, Jakarta Barat, dengan tujuan meningkatkan kapasitas pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam memanfaatkan data science untuk manajemen usaha dan strategi pemasaran digital. Permasalahan utama yang dihadapi mitra adalah rendahnya literasi digital, kurangnya pencatatan berbasis data, serta strategi promosi yang masih konvensional sehingga berdampak pada daya saing dan pertumbuhan usaha. Metode kegiatan meliputi tahap persiapan, pelatihan, pendampingan, dan evaluasi. Materi pelatihan mencakup manajemen usaha berbasis data, pemasaran digital menggunakan Google Trends, Facebook Ads Manager, Instagram Insights, dan Google Analytics, serta pencatatan transaksi menggunakan Excel dan Google Sheets. Evaluasi dilakukan melalui pre-test, post-test, dan kuesioner kepuasan peserta. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan peserta, terbukti dari perbedaan hasil sebelum dan sesudah pelatihan, di mana mayoritas peserta mampu memahami dan mengimplementasikan strategi berbasis data. Respon positif peserta juga menunjukkan relevansi materi dengan kebutuhan sehari-hari. Program ini berkontribusi dalam memperkuat literasi digital, meningkatkan daya saing UMKM, dan mendorong terbentuknya ekosistem UMKM berbasis data. Kegiatan ini juga sejalan dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan indikator kinerja utama (IKU) perguruan tinggi dalam mendukung kolaborasi dosen, mahasiswa, dan masyarakat.

Keywords


UMKM, Data Science, Pemasaran Digital, Literasi Digital, Pengabdian Masyarakat

Full Text:

PDF

References


P. Pangastuti et al., “KECAMATAN KEMBANGAN IN FIGURES KEMBANGAN SUBDISTRICT DALAM ANGKA 2023,” 2023.

Wikipedia, “Kembangan Utara, Kembangan, Jakarta Barat.” Accessed: Jun. 21, 2025. [Online]. Available: https://id.wikipedia.org/wiki/Kembangan_Utara%2C_Kembangan%2C_Jakarta_Barat

A. Wibowo et al., “Strategi Pemasaran Produk Kuliner Di Era Digital Pada UMKM Pasar Tradisional dan Pusat Kuliner Di Kecamatan Kalideres, Kota Jakarta Barat,” Abdi Laksana J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 6, no. 2, pp. 300–307, 2021.

K. Dan, M. Umkm, M. Jangkauan, P. Di, and E. R. A. Industri, “STRATEGI OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING BAGI USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) UNTUK MENINGKATKAN JANGKAUAN PASAR DI ERA INDUSTRI 4.0,” J. Pengabdi. Kpd. Masy. SINERGI, vol. 6, no. 2, 2024.

M. R. Islam Bhuiyan, M. R. Faraji, M. Rashid, M. K. Bhuyan, R. Hossain, and P. Ghose, “Digital Transformation in SMEs Emerging Technological Tools and Technologies for Enhancing the SME’s Strategies and Outcomes,” J. Ecohumanism, vol. 3, no. 4, pp. 211–224, 2024, doi: 10.62754/joe.v3i4.3594.

O. Faruque, S. N. Chowdhury, G. Rabbani, and N. A. Khan, “Technology Adoption and Digital Transformation in Small Businesses : Trends , Challenges , and Opportunities,” Int. J. Multidiscip. Res., vol. 6, no. 5, pp. 1–21, 2024.

A. LPKN, “Tantangan dan Peluang Bisnis UMKM,” LPKN Training Center. Accessed: Jun. 21, 2025. [Online]. Available: https://lpkn.org/2025/05/31/tantangan-dan-peluang-bisnis-umkm/

N. P. Laiya, “Pemberdayaan UMKM Melalui Digital Marketing Dalam Meningkatkan Daya Saing di Era Industri 4 . 0 di Kelurahan Dulomo Selatan, Kecamatan Kota Utara, Kota Gorontalo,” J-AbMas, vol. 1, no. 1, pp. 1–13, 2025.

N. Ramadhani, A. I. Sugesti, D. N. Sagita, and E. Purwanto, “Pemanfaatan Marketplace Digital dalam meningkatkan Kinerja UMKM melalui Sarana Komunikasi di Era Digital,” J. Bisnis dan Komun. Digit., vol. 2, no. 2, pp. 1–20, 2025.

A. Marjukah, A. Haris, I. Santoso, D. Setyawanti, O. Kuntaryanto, and A. F. Setianingtyas, “THE EFFECT OF DIGITAL MARKETING TRAINING ON THE RESILIENCE AND PERFORMANCE OF MICRO SMALL AND MEDIUM ENTERPRISES,” Int. J. Sci. Acad. Res., vol. 04, no. 02, pp. 5075–5079, 2023.

M. Nurfitriya, A. Fauziyah, T. A. L. Koeswandi, I. Yusuf, and N. N. Rachmani, “Peningkatan Literasi Digital Marketing UMKM Kota Tasikmalaya,” Acitya Bhakti, vol. 2, no. 1, p. 57, 2022, doi: 10.32493/acb.v2i1.14618.

R. Fajriah, S. Dwiasnati, and Y. Jumaryadi, “Pelatihan E-Commerce pada Masyarakat Desa Pasir Tangerang Banten dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Penjualan ProduK UMKM,” J. Sinergi, vol. 6, no. 2, pp. 28–38, 2024.

P. Yuliarty, D. Utami, and S. Dwiasnati, “Daur UlangSampah Anorganik di Cengkareng Jakarta Barat,” IRA J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 3, pp. 39–46, 2024.

M. G. Suryatno and D. R. M. Insana, “Dampak Program Mbkm Magang Studi Independen Bersertifikat Dalam Meningkatkan Minat Wirausaha Global Mahasiswa Sebagai Eksportir Baru 4.0,” J. USAHA, vol. 3, no. 2, pp. 15–28, 2022, doi: 10.30998/juuk.v3i2.1412.

A. Asman and D. . Dewi, “Kuliah Kerja Nyata Tematik Merdeka Belajar Kampus Merdeka Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima Melalui Program Asistensi Mengajar,” J. Pengabdi. Kpd. Masy. CAHAYA MANDALIKA, vol. 4, no. 2, pp. 44–50, 2023.




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v8i3.3075

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Yudo Devianto, Bambang Sukowo, Dwiki Jatikusumo



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statcounter

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :