IbM Anak Asuh Lembaga Amil Zakat Baitul Muttaqien Dalam Menghadapi Dampak Negatif Telepon Seluler

Juli Ratnawati, Yuniarsi Rahayu, Dwi Nurul Izzhati

Abstract


Perkembangan teknologi periode ini semakin meningkat dengan maraknya berbagai jenis inovasi khususnya teknologi telekomunikasi telepon seluler. Telepon seluler mampu meningkatkan produktivitas kerja bagi pemakainya akan tetapi juga dapat menimbulkan dampak negatif. Berbagai jenis kasus kejahatan berbasis telepon seluler antara lain penipuan, pornografi, bullying, prostitusi online, penculikan, penipuan, hate speech, hingga terorisme. Salah satu pemakai telepon seluler yang terbesar adalah remaja, sehingga mereka perlu dibekali dengan pengetahuan tentang pengaruh penggunaan telepon seluler. Lembaga Amil Zakat (LAZ) Baitul Muttaqien Universitas Dian Nuswantoro yang berdiri sejak tahun 2003 memiliki tujuan untuk memberdayakan anak-anak dari latar belakang tidak mampu di kota Semarang. Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh LAZ adalah memberikan pelatihan  pengembangan kapasitas melalui peningkatan manajemen diri dalam menghadapi dampak negatif perangkat telekomunikasi telepon seluler. 


Keywords


telepon seluler; kapasitas; manajemen

Full Text:

PDF

References


Https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2017/08/29/pengguna-ponsel-indonesia-mencapai-142-dari-populasi (Akses tanggal, 5 Oktober 2018)

Ngafifi, Muhamad. 2014. Kemajuan teknologi dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi. Volume 2, Nomor 1, Hal: 33-47.

Https://www.validnews.id/Kejahatan-Siber-Dominasi-Kriminalitas-Tanah-Air-dGj (Akses tanggal, 5 Oktober 2018)

Sriyanto, Aim Abdulkarim, Asmawi Zainul, Enok Maryani. 2014. Perilaku Asertif dan Kecenderungan Kenakalan Remaja Berdasarkan Pola Asuh dan Peran Media Massa. Jurnal Psikologi. Volume 41, Nomor 1, Hal: 74 – 88.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v2i1.34

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Juli Ratnawati, Yuniarsi Rahayu, Dwi Nurul Izzhati



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :