Pelatihan Pembuatan Media Pendukung Pembelajaran Berbasis Google Form Pada Tk. Darma Wanita Salamsari Boja
Agung Sedayu, Juli Ratnawati, Aries Setiawan, Ida Farida
Abstract
Selama musim pembelajaran dalam jaringan (daring), guru melakukan berbagai upaya agar penyampaian materi pembelajaran dapat dengan mudah diterima oleh siswa. Teleconference dapat dilakukan melalui google meet maupun zoom, yang mampu menyatukan berbagai siswa dari manapun berada dalam satu ruangan digital. Namun teleconference memberikan peran yang kurang maksimal dalam pembelajaran, karena dalam hal ini diperlukan quota yang ekstra besar, siswa dengan kondisi lingkungan jauh dari akses internet akan kesulitan mengikuti pembelajaran. Gambaran pada mitra yang ada, lokasi jauh dari operator seluler, jadi untuk melakukan teleconference kurang maksimal, suara dan gambar sering putus. Akhirnya orang tua harus datang sekolah untuk menyerahkan tugas, melakukan absensi, menyerahkan jawaban dan lainnya yang tidak tersampaikan secara telekonference. Salah satu cara yang ditawarkan adalah dengan penyampaian lewat google form sehingga diperlukan adanya pelatihan pembuatan media pendukung pembelajaran berbasis google form, banyak manfaat yang bisa diperoleh dari pelatihan ini sehingga dengan guru maupun tenaga kependidikan mudah mengenal fungsi dan kegunaan dari google form
I. Handayani, "Pemanfaatan Google Form Sebagai Pendaftaran TOEFL (Test of English as a Foreign Language) secara Online," 2018.
M. Iqbal, "Penggunaan Google Forms Sebagai Media Pemberian Tugas Mata Kuliah Pengantar Ilmu Sosial," 2018.
D. Purwati, "Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Sejarah Berbasis Google Formulir Di Sma N 1 Prambanan," 2018.
P. B. Santoso, "Efektivitas Penggunaan Media Penilaian Google Form Terhadap Hasil Belajar Pelajaran," 2018.
N. W. Switrayni, "Webinar Pengenalan Google Classroom dan Google Form Sebagai Media dan Aalat Evaluasi Pembelajaran Daring Pada MAsa Pandemi Covid-19," JURNAL ABDI INSANI UNIVERSITAS MATARAM, 2021.