IbM Dharma Wanita Persatuan Kota Semarang

Karis Widyatmoko, Desi Purwanti Kusumaningrum

Abstract


Musik gamelan merupakan musik orkestra yang merupakan warisan Bangsa Indonesia. Nilai-nilai luhur yang merupakan warisan budaya perlu dilestarikan oleh generasi muda. Kurangnya apresiasi generasi muda terhadap musik gamelan disebabkan oleh kurangnya ketersediaan media pembelajaran. Tipikal musik orkestra dalam hal ini musik gamelan yang mahal, dan memerlukan ruangan besar menjadi faktor penyebab kurangnya ketersediaan media untuk belajar.Egamelanku merupakan aplikasi yang dapat menjadi solusi untuk belajar mengenal, dan memainkan instrumen musik gamelan..

Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Semarang merupakan organisasi yang aktif dalam pendidikan, ekonomi, dan sosial budaya. Anggota DWP Kota Semarang merasa perlu untuk dapat belajar memainkan musik gamelan. Program pelatihan dan pendampingan egamelanku menjadi pilihan DWP Kota Semarang sebagai sarana belajar untuk mengenal dan memainkan musik gamelan sebagai upaya untuk melestarikan warisan budaya Bangsa Indonesia. 


Keywords


egamelanku

Full Text:

PDF

References


D. Trueman, Why a Laptop Orchestra, Cambridge Journal Volume 12, 2007.

Pramudi, Tyas., Model Pembelajaran Multimedia Seni Gamelan Jawa, Riptek, Vol. 4, No. 1, 2010.

Pramudi, Tyas., Budiman, Fikri., Sunardi, Desain Virtual Gamelan Jawa sebagai Media Pembelajaran, Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi, 2010.

http://seputarsemarang.com/dharma-wanita-persatuan-10564/ diakses tanggal 10 Januari 2018.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v1i1.5

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Desi Purwanti Kusumaningrum, Karis Widyatmoko



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :