Up Grading Capacity Aparatur Desa Melalui Pelatihan di Desa Tegalarum Kabupaten Demak

Moeljono Moeljono, Nasron Alfiyanto

Abstract


Kapasitas dan ketrampilan aparat desa dalam melaksanakan tugas administrasi dan tata kelola pelaporan keuangan masih lemah, untuk meningkatkan kapasitas dan ketrampilan para aparatur desa diperlukan adanya pelatihan, untuk meningkatkan kapasitas aparatur pemerintahan desa. Diharapkan melalui kegiatan tersebut akan mendorong tata kelola pemerintahan desa yang akuntabel dan transparan serta melahirkan aparatur desa yang memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan yang baik. Metode kegiatan yang digunakan adalah Participatory Learning and Action. Kegiatan ini dilakukan dengan menekankan pada kegiatan ceramah, diskusi, curah pendapat yang dilakukan secara interaktif dengan aparatur desa dan masyarakat, dilanjutkan dengan kegiatan pelatihan yang relevan dengan materi pemberdayaan masyarakat. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan, aparatur desa dan masyarakat memilki respon dan antusias terhadap pelatihan dan tercipta perubahan pengetahuan, sikap dan keterampilan.


Keywords


Keywords: Capacity Building Apparatus, Village Administration Training

Full Text:

PDF

References


Lembaga Administrasi Negara. 2009. Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa. Pusat Kajian Kinerja Otonomi Daerah: Jakarta.

Mardikanto T, Soebiato P, 2013. Pemberdayaan Masyarakat dalam Perspektif Kebijakan Publik. Alfabeta: Bandung.

Sururi, A., & Mulyasih, R. (2017). Pemberdayaan Masyarakat melalui Inovasi Perencanaan Pembangunan berbasis 4R (Rembug, Rencana, Realisasi dan Rawat) di Desa Cilangkap Kecamatan Wanasalam sebagai Pilar Utama Kebijakan Partisipatif dan Gotong Royong. ENGAGEMENT, 1(2), 218-238.

Sururi, A., & Mulyasih, R. (2017). Penguatan Kapasitas Masyarakat Melalui Inovasi Formulasi Kebijakan Perencanaan Pembangunan Partisipasif di Kecamatan Wanasalam Kabupaten Lebak. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 5-18.

Theresia, Aprillia, atll, 2014. Pembangunan Berbasis Masyarakat. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v3i1.54

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Moeljono Moeljono, Nasron Alfiyanto



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :