Pendampingan Mendisain Batik sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Produk UMKM Batik Durenen

Mahmud Mahmud, Mila Sartika

Abstract


Berdasarkan hasil survey/observasi yang dilakukan oleh tim, profil UMKM Batik Durenan Indah yang berbasis pemberdayaan masyarakat ini selama kurun waktu tiga tahun sejak pendiriannya belum mengalami perubahan yang berarti. Selama adanya pandemi COVID-19 ini, produksi batik di UMKM Batik Durenan Indah menjadi terhenti. Rendahnya pesanan yang datang, dan tidak adanya event-event/pameran. Berdasarkan koordinasi tim pengusul bersama mitra dapat diprioritaskan persoalan yang dihadapi oleh UMKM Batik Durenan Indah adalah : masalah desain batik masih dilakukan secara manual dan “ala kadarnya†sesuai kemampuan para pembatik khusunya para ibu rumah tangga. Selama ini pembeli hanya kalangan terdekat dan belum menjangkau konsumen yang di luar wilayah kelurahan. Hal ini disebabkan karena disain batik yang disediakan masih sangat tradisional (sebatas kemampuan membuat desain sendiri) sehingga konsumen tidak puas dengan hasil desain batiknya. Selain itu para pembatik belum memiliki kemampuan dalam mendisain batik dan belum memiliki pengetahuan tentang desain batik yang diminati konsumen. Tujuan dari pelaksanaan pengabdian program kemitraan masyarakat ini adalah memberikan edukasi bagaimana membuat desain kontemporer yang berciri khas batik durenan yang memenuhi selera konsumen, memberikan pelatihan membuat desain yang komersial sesuai selera pasar dan memberikan sosialisasi dan pendampingan pembuatan desain yang berciri khas batik durenan. Metode pelaksanaan kegiatan ini menggunakan pendekatan edukasi, sosialisasi dan pelatihan serta pendampingan bagi pengurus dan para pembatik UMKM Batik Durenan. Setelah dilaksanakan kegiatan pelatihan dan pendampingan para peserta mampu membuat pola batik sederhana yang menjadi ciri khas batik durenan dengan menggunakan kertas pola sesuai ktreatifitasnya. Sedangkan luaran yang dihasilkan dari kegiatan ini adalah publikasi ilmiah di jurnal pengabdian nasional, publikasi di media elektronik dan video yang diunggah di youtube.

 


Keywords


Desain, batik durenan, ciri khas

Full Text:

PDF

References


Kompas, “Waktunya Ekonomi dari rumah,â€

http://file.libhk.unja.ac.id/Kompas%2027%20Juli%202020.pdf, p. 1, 2020.

N. Permana, “Inilah 8 Permasalahan UMKM Yang Sering Terjadi,â€

https://seoanaksholeh.com/permasalahan-umkm/.

D. A. Setiawan, “sederet-permasalahan-umkm-selama-masa-pandemi-menurut-kemenkop,â€

http://news.ddtc.co.id, 2020. https://news.ddtc.co.id/sederet-permasalahan-umkm-selamamasa-pandemi-menurut-kemenkop-21907.

Kompas, “3-tantangan-utama-yang-dihadapi-umkm-selama-pandemi-covid-19,â€

http://money.kompas.com, 2020.

M. P. Judith and C. A. Saptowalyono, “Lewat Gawai Mengetuk Pembeli,†KOMPAS, p. 1

DAN 15, 2020.

W. Setiawan, Sutjipto Eddy, and W. Kusumo Kartiko, “PKM Durenan Indah di Kelurahan

Mangunharjo, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang,†E-DIMAS J. Pengabdi. Kpd.

Masy., vol. 11, no. 03, pp. 307–315, 2020, [Online]. Available:

http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas/article/view/4384/3430.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v5i3.576

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mahmud Mahmud



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696, e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :