Pengenalan Teknologi Proses Pengecatan Untuk Meningkatkan Kompetensi Lulusan SMK

Nur Islahudin, Zaenal Arifin, Aries Jehan Tamamy

Abstract


Permasalahan yang dihadapi Industri otomotif saat ini adalah gap kompetensi antara dunia industry dengan lulusan SMK. Lulusan baru SMK saat ini masih membutuhkan waktu untuk melakukan transfer skill dan knowledge serta kompetensi yang ada pada industry otomotif. Terdapat beberapa kompetensi yang ada pada industry otomotif antara lain kompetensi dalam bidang pengecoran, kompetensi dalam bidang permesinan, kompetensi dalam bidang pengecatan, kompetensi dalam bidang pengelasan dan kompetensi dalam bidang perakitan. Dari beberapa bidang kompetensi tersebut, kompetensi dalam bidang pengecatan membutuhkan waktu yang lama dalam hal transfer skill dan knowledge. Hal ini disebabkan karena proses produksi yang dijalankan pada bagian pengecatan masih menggunakan teknologi manual sehingga membutuhkan kompetensi yang cukup untuk operator produksinya. Agar waktu transfer knowledge operator produksi dalam bidang pengecatan tidak terlalu lama diperlukan kerjasama antara industry dengan pihak sekolah untuk dapat menyiapkan lulusan SMK yang mempunyaim kompetensivdalam bidang pengecatan. Dari kondisi di atas penulis mencoba menawarkan solusi kepada pihak sekolah untuk mengurangi gap kompetensi antara industry dan lulusan smk dengan memberikan pelatihan tentang teknologi pengecatan yang  berisi teori dan praktek tentang pengecatan. Dari hasil yang telah dilakukan siswa tampak antusias dan semangat dalam mengikuti pelatihan yang telah di rancang serta dapat meningkatkan pemahaman tentang teknologi pengecatan di industry otomotif

Keywords


painting plastic, spraygun, atomization

Full Text:

PDF

References


N. Islahudin, “TEKNOLOGI PROSES PENGECATAN MENGGUNAKAN SISTEM ATOMISASI PADA PRODUK BERBAHAN PLASTIK DI INDUSTRI PERAKITAN SEPEDAMOTOR,” SINTEK J. MESIN Teknol. Univ. Muhammadiyah Jakarta, vol. 13, no. 01, pp. 15–25, 2019.

N. Dhafr, M. Ahmad, B. Burgess, and S. Canagassababady, “Improvement of quality performance in manufacturing organizations by minimization of production defects,” Robot. Comput. Integr. Manuf., 2006.

PT Astra Honda Motor, “Manufacturing Process Painting Plastic,” Qual. Dep., 2000.

K. Witz, D. E. Hinkle, W. Wiersma, and S. G. Jurs, “Applied Statistics for the Behavioral Sciences,” J. Educ. Stat., 1990.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v3i1.59

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nur Islahudin, Zaenal Arifin, Aries Jehan Tamamy



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :