Pelatihan Video Editing Dalam Upaya Peningkatan Keterampilan Digital Di Era Industri 4.0 bagi Santri Panti Asuhan Kafalatul Yatama

Cinantya Paramita, Amalia Amalia, Gigih Trapsilo

Abstract


Pada era milenial, era digital, dan/atau era revolusi industri 4.0, peran teknologi memberikan pengaruh besar bagi seluruh aspek kehidupan, baik dalam dunia Pendidikan maupun dunia bisnis. Pada era inilah desain maupun videografi mengalami perkembangan yang pesat. Panti Asuhan Kafalatul Yatama (PAKY) merupakan Lembaga Kesejahteraan Sosial (Sosial) yang memiliki 23 santri yang bervariasi tingkat pendidikan dari tingkat perguruan tinggi, SMK, MA, MTS, dan SD. Untuk memiliki masa depan yang lebih baik anak-anak berhak untuk mendapatkan Pendidikan yang cukup, termasuk santri-santri pada PAKY. Santri pada PAKY merupakan generasi potensial yang perlu dilatih dan dikembangkan dalam membangun bangsa, Berdasarkan wawancara dengan Sie Pendidikan PAKY, para santri PAKY memerlukan program peningkatan keterampilan yang berkaitan dengan tuntutan perkembangan zaman. Oleh karena itu, dengan adanya program pengabdian kepada melalui program pengabdian kepada masyarakat, kami bermaksud memberikan pelatihan desain grafis, dan editing video bagi para santri PAKY. Adapun target tujuan dari kegiatan pengabdian ini terpenuhi melihat hasil pretes dan postes yang telah dilakukan selama pelatihan berlangsung dimana keinginan belajar yang sangat besar diperoleh setelah mengikuti pelatihan, dan dihasilkan juga hasil postest yang sangat memuaskan dari para santri dimana grafik pada gambar 4 menyatakan bahwa para santri dapat mengimplementasikan ilmu yang disampaikan dalam sebuah produk profil video Panti Asuhan Kafatul Yatama.


Keywords


video; video editing; videography; training; skills; filmora; industry 4.0

Full Text:

PDF

References


S. B. Dito and H. Pujiastuti, “Dampak Revolusi Industri 4 . 0 Pada Sektor Pendidikan : Kajian Literatur Mengenai Digital Learning Pada Pendidikan Dasar dan Menengah,” vol. 4, no. 2, pp. 59–65, 2021.

R. Rofaida, Suryana, Asti Nur Aryanti, and Yoga Perdana, “Strategi Inovasi pada Industri Kreatif Digital: Upaya Memperoleh Keunggulan Bersaing pada Era Revolusi Industri 4.0,” J. Manaj. dan Keuang., vol. 8, no. 3, pp. 402–414, 2020, doi: 10.33059/jmk.v8i3.1909.

R. Komalasari, “Manfaat Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Masa Pandemi Covid 19,” Tematik, vol. 7, no. 1, pp. 38–50, 2020, doi: 10.38204/tematik.v7i1.369.

L. Nurlina and A. Fauzan, “PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO AJAR UNTUK,” vol. 3, no. 1, pp. 32–41, 2021.

Y. Sumanto and Y. D. Sadewo, “Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Sebagai Media Pembelajaran Daring Di Sd Negeri Sojopuro Dalam Masa Covid-19,” J. Educ. Learn. Innov., vol. 1, no. 1, pp. 01–14, 2021, doi: 10.46229/elia.v1i1.237.

B. Dengan, H. Di, L. Pembinaan, F. A. Riyanto, A. Muhammad, and P. I. Pemasyarakatan, “IMPLEMENTASI HAK PENDIDIKAN PADA ANAK BERHADAPAN,” vol. 8, no. 6, pp. 1613–1623, 2021.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v5i2.602

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Cinantya Paramita



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :