Pendampingan Pembelajaran Blended Learning Berbasis “PAIKEM” Siswa SMP IT “Nurul Izzah“ Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri

Widyatmoko Widyatmoko, Bonifacius Vicky Indriyono, Bonifacius Vicky Indriyono, Dibyo Adi Wibowo, Dibyo Adi Wibowo

Abstract


Digitalisasi yang saat telah merambah dunia pendidikan yang berpengaruh pada metode pembelajaran. Salah satu metode yang memakai teknologi adalah Blended Learning dengan menerapkan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan (PAIKEM). Tujuan dari pengabdian ini karena tergolong sekolah yang baru berdiri sehingga sangat membantu kepada para siswa dan guru untuk menambah pengetahuan mengenai pembelajaran Blanded learning disaat pandemi covid-19 masih berlangsung, karena cocok untuk pembelajaran yang menggabungkan pembelajaran konvensional dan digital (e-learning). Proses pembelajaran blended learning ini belum sepenuhnya digunakan oleh mitra karena perangkat teknologi yang belum memadahi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat di SMP IT Nurul Izzah dengan metode presentasi, metode pelaksanaan dengan mempraktekkan langsung, dan forum diskusi melaui pendampingan tentang pembelajaran blanded learning melalui teknologi informasi. Pelaksanaan pengabdian terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil dari pengabdian memaparkan materi oleh tim pengabdi tentang apa itu blanded learning, dan penggunaan aplikasi google classrrom sebagai pendukungnya. Setelah materi tersampaikan, para siswa langsung berlatih untuk mempraktekkan yang di dampingi oleh dosen dan mahasiswa. Pelaksanaan pengabdian yang dilaksanakan di tempat mitra berjalan dengan baik karena siswa mampu dengan mudah mengimplementasikan penggunaan aplikasi google classroom tanpa kendala yang berarti, dengan demikian metode pembelajaran ini dapat dimanfaatkan dan dapat digunakan sebagai metode pembelajaran alternatif.


Full Text:

PDF

References


Damsar, Pengantar Sosiologi Pendidikan. Padang: Kencana, 2010.

H. M. Rasyid, Ilmu Pendidikan (Teori & Praktis). Madura: Universitas Trunojoyo, 2014.

H. Siti Istiningsih, “Blended Learning, Trend Strategi Pembelajaran Masa Depan,” J.

Elem., pp. 49–56, 2015.

M. Nugraha, N. B., Sellyana, A., & Suhaidi, “Pelatihan E-Learning Pada Guru SMA IT

Plus Bazma Brilliant,” vol. 2, no. 2, pp. 127–132, 2019, [Online]. Available:

https://doi.org/10.33330/jurdimas.v2i2.334

D. N. Wardani, “Daya Tarik Pembelajaran Di Era 21 Dengan Blended Learning,” JKTP,

vol. 1, no. 1, pp. 13–18, 2018.

S. Pustadi, “Pengembangan Modul Pelatihan Berbasis Blended Learning untuk

Meningkatkan Keterampilan Inkuiri dan Scaffolding Guru Kimia,” vol. 2, no. 2, pp. 1–

, 2019.

Pradnyana, G. A., 2017, Blended Learning, Universitas Pendidikan Ganesha, Bali,

Ahmad, Perwira Negara, H. R., Ibrahim, M., & Etmy, D., Pelatihan Pembelajaran

Daring (Google Classroom) bagi Guru MTs dan MI Nurul Yaqin Kelanjur, JPMB :

Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, Vol. 3 (1), 66–79. https://doi.org

/10.36765/jpmb.v3i1.224, 2020.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v5i3.699

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 widyatmoko widyatmoko



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :