Penyebab Kerusakan Jalan dengan Pengukuran Geolistrik di Provinsi Kalimantan Barat

Adriani Adriani, Ida Barkiah, Candra Yuliana, Elma Sofia

Abstract


Pada jalan lintas batas negara provinsi Kalimantan Barat terutama pada segmen 2, terjadi kerusakan jalan, sehingga perlu segera diatasi untuk melancarkan arus lalu lintas. Tujuan pengabdian ini adalah memberikan bantuan berupa pengujian geolistrik di lokasi ini, mendeteksi awal penyebab kerusakan serta menentukan solusi penyelesaiannya. Prinsip kerja dari Metoda Geolistrik ini adalah arus listrik diinjeksikan ke dalam bumi melalui dua buah elektoda arus. Beda potensial yang terjadi diukur melalui dua buah elektroda potensial. Dari hasil pengukuran arus dan beda potensial untuk setiap jarak elektroda tertentu, dapat ditentukan variasi harga tahanan jenis masing-masing lapisan di bawah titik ukur. Penyebab terjadinya tanah menyebul dan boiling karena adanya tekanan air keatas sebesar 9 m dimana kondisi ini mencapai kritis terjadinya boiling. Untuk mengatasi terjadinya kerusakan badan jalan akibat tekanan air keatas maka perlu dicegat aliran air bertekanan sebelum badan jalan dengan subdrained menggunakan pipa paralon diameter 8ʺ dengan kedalaman 1,5 m dari muka tanah eksisting.

Keywords


kerusakan jalan, pengujian geolistik, subdrained

Full Text:

PDF

References


Berita Provinsi Kalimantan Barat.https://kalbarprov.go.id/berita/pkrms-sebagai-usulan-pada-phjd-provinsi-kalimantan-barat-tahun-anggaran-2022-2023.html, diakses tgl 26 Januari 2022.

Simpean, I Nengah. 2015. “Modul Praktikum Metode Geolistrik”. Fakultas Teknik Univ. Udayana.

Andriyani S., Ramelan A. H. dan Sutarmo. 2010. “Identifikasi Akuifer di Sekitar Kawasan Karst Gombong Selatan Kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen dengan Metode Geolistrik Schlumberger”. Jurnal EKOSAINS, Vol. II, No. 1.

Maemuna S., Darsono, dan Legowo B., 2017. “Identifikasi Akuifer di Sekitar Kawasan Karst Gombong Selatan Kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen dangan Metode Geolistrik Schlumberger”. Jurnal Fisika dan Aplikasinya, Vol 13 Nomor 2.

Murti, H. A. 2009. “Analisis Pendugaan Potensi Akuifer dengan Metode Geolistrik Resistivitas Sounding dan Mapping di Kawasan Karst Kecamatan Giritontro Kabupaten Wonogiri”. Laporan Tesis Universitas Sebelas Maret. Surakata.

Prandika, R.P. 2014. “Laporan Praktikum Geofisika I”. Laboratorium Universitas Padjajaran. Bandung.

SNI 2528. 2012. “Tata Cara Pengukuran Geolistrik Wenner untuk Eksplorasi Air Tanah”. Standar Nasional Indonesia.

SNI 2818. 2012. Tata Cara Pengukuran Geolistrik Schlumberger untuk Eksplorasi Air Tanah. Standar Nasional Indonesia.

SNI 7751. 2012. Tata Cara Pencatatan Akuifer dengan Metode Geolistrik Tahanan Jenis Normal dan Log Normal dalam Rangka Eksplorasi Air Tanah. Standar Nasional Indonesia.

Subardjo, Nurdin H., Slamet S., dan Daromono S. 2000. “Pengukuran Geolistrik Tahanan Jenis untuk Pencarian Sumber Air Tanah Di Cipanas Jawa Barat”. Prosiding Seminar Pranata Nuklir dan Teknisi Litkayasa, ISBN: 979-8769-10-4. Jakarta.

Loke, M.H., 2004. “Tutorial 2D and 3D Electrical Imaging Surveys. Brimingham University. England.

Hanjar, Krisna. 2016. “Modul Pengolahan Data Geolistrik dengan RES2DINV”

Yuliet, R., Abdul Hakam, Mas Mera, Fauzan. 2018. “Fenomena Sand Boiling dan Hubungannya dengan Likuifaksi”. 5th ACE Conference. 28 November 2018. Padang, Sumatra Barat.

Suyanto, I. 2013. ”Perbandingan Survei dan Analisis Data Geolistrik Sounding Daerah Pantai dan Pegunungan Studi Kasus Penyelidikan Air Tanah di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah”. Laboratorium FMIPA Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta

Mudiarto, A., Supriyadi dan Sugiyanto. 2013. “Pemodelan Fisik Untuk Monitoring Kebocoran Pipa Air Dengan Metode Geolistrik”. Unnes Physics Journal, Vol. 1(1): 1-6.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v6i1.714

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Adriani, Ida barkiah, Candra Yuliana, Elma Sofia



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :