Peningkatan Nilai Tambah Ekonomi Usaha Crisp Enye-Enye!! Kampung Cigundi Dengan Pemanfaataan Teknologi

Miguna Astuti, Tati Handayani, Nurhafifah Matondang

Abstract


Mitra dalam program ini adalah Kelompok Wanita PAGODA di Kampung Cigundi, Kecamatan Cibadak Kab. Lebak- Banten. Kabupaten Lebak merupakan salah satu kabupaten dengan wilayah terbesar di Provinsi Banten dengan tingkat kesuburan tanah yang tinggi. Anggota KWP yang terdiri dari lebih dari 20 Ibu-Ibu Rumah Tangga merupakan pengusaha berskala mikro yang mengolah bahan baku berasal dari singkong menjadi panganan jadi yaitu crisp!! Enye-Enye. Setelah pelaksanaan PKM Adapun hasil evaluasi menunjukkan hasil antara lain (1) target meningkatnya kemampuan mitra sebesar 75% tercapai. Adapun target ini adalah terkait pembuatan desain khusus packaging (kemasan), (2) target meningkatnya pengetahuan mitra dalam memberikan pelayanan melalui market place meningkat 70%, sehingga target tercapai. (3) Selain melalui e-commerce, kemampuan anggota KWP dalam melakukan pemasaran media social meningkat 70%, sehingga target tercapai. (4) Dengan melakukan pembuatan desain baru, memberikan pelayanan yang baik dan aktif dalam pemasaran digital akan membuat mitra meningkatkan pendapatannya. Pendapatan per satu kali produksi meningkat mencapai 150% hanya saja karna stock bahan baku yang saat ini mulai sulit ditemukan didaerah cigundi yang membuat anggota KWP membeli singkong dengan harga yang berbeda dan kualitaspun berbeda. Target awal peningkatan pendapatan yaitu 100% tercapai, bahkan lebih.


Keywords


Economic Added Value, MSMEs, Crisp Enye-Enye

Full Text:

PDF

References


Soekarwo, “Mewujudkan UMKM sebagai Fondasi Perekonomian,” Jawa Pos TV, 2020. .

dedy Sasongko, “UMKM Bangkit, Ekonomi Indonesia Terungkit,” Kementerian Keuangan Republik Indonesia, 2020. .

H. Gusman, “Bagaimana Pandemi COVID-19 Memengaruhi Angka Pengangguran RI,” Tirto.id, 2020. .

N. Febrianti, “Perkembangan UKM dan Permasalahannya,” Kompasiana, Jakarta, 2020.

B. Silfia and A. Utami, “Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Sektor UMKM di Indonesia,” vol. 03, no. 1, pp. 1–7, 2021.

D. A. Mutmainah, “Kontribusi UMKM Terhadap PDB Tembus Lebih Dari 60 Persen,” 2016. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20161121122525-92-174080/kontribusi-umkm-terhadap-pdb-tembus-lebih-dari-60-persen (accessed Mar. 15, 2018).

A. Amri, “Pengaruh Periklanan Melalui Media Sosial Terhadap UMKM di Indonesia di Masa PAndemi,” J. Brand, vol. 2, no. 1, pp. 123–130, 2020.

T. Abdullah and F. Tanti, Bank dan Lembaga Keuangan. Jakarta: PT Rajagrafindo, 2014.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v6i1.736

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Miguna Astuti, Tati Handayani, Nurhafifah Matondang



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :