Pendampingan Pembuatan Modul, Soal, dan Tugas Berbasis Daring untuk Guru SMP Negeri 30 Semarang

Septian Enggar Sukmana, Defri Kurniawan, Prajanto Wahyu Adi

Abstract


Penerapan e-Learning di berbagai sekolah perlu dilaksanakan maka diperlukan desiminasi terhadap pemahaman e-Learning di berbagai sekolah. Pemahaman mengenai e-Learningdi sekolah akan mengarah kepada implementasi e-Learning di sekolah tersebut. Tanpa desiminasi pemahaman dan pendampingan kepada guru-guru sekolah terhadap penggunaan e-Learning, maka sulit untuk terwujud suatu pembelajaran yang interaktif, kreatif dan mampu meningkatkan prestasi serta motivasi belajar siswa di sekolah. Pengembangan e-learning telah dilakukan oleh mitra pengabdian masyarakat yaitu SMPN 30 Semarang. Permasalahan muncul ketika implementasi e-learning di sekolah tersebut untuk kegiatan belajar-mengajar yaitu kurang optimalnya penggunaan media e-learning tersebut. Oleh karena itu, inisiatif pemberian pendampingan oleh beberapa dosen Universitas Dian Nuswantoro kepada para guru dapat menjadi solusi atas masalah tersebut. Kegiatan pendampingan yang dilakukan meliputi pembuatan modul, kuis, dan tugas. Hasil yang diperoleh menunjukkan para guru mampu mengoperasikan sistem manajemen pembelajaran dan diharapkan pendampingan secara intensif lebih sering dilakukan.


Keywords


pembelajaran elektronik, pembelajaran berbasis daring; sistem manajemen pembelajaran; pendampingan guru

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v1i2.8

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Septian Enggar Sukmana, Defri Kurniawan, Prajanto Wahyu Adi



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :