Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Pembuatan Media Promosi Sekolah Bagi TK Doa Ibu Semarang

Ristia Kadiasti, Dzuha Hening Yanuarsari, Muhamad Hasan Basori

Abstract


Pembentukan image sebagai bentuk identitas untuk sekolah dapat dilakukan dengan optimalisasi media promosi yang dimiliki. Sekolah yang menjadi mitra pengabdian adalah TK Doa Ibu Semarang dimana kegiatan yang dilakukan adalah pendampingan untuk pembuatan desain promosi sekolah. Persoalan yang ditemukan adalah keterbatasan sumberdaya dalam teknis desain untuk kepentingan promosi. Canva menjadi alternatif aplikasi dalam membuat media promosi yang mudah digunakan melalui media sosial seperti Instagram. Pendampingan dilakukan secara daring dengan perantara Zoom, karena menaati protokol kesehatan. Observasi kebutuhan mitra ditahap awal didapatkan informasi bahwa strategi promosi sekolah TK Doa Ibu yang biasanya menggunakan sistem door-to-door dalam mempromosikan sekolahnya, kini tidak lagi efektif karena terbatasnya ruang gerak staff pengajar TK Doa Ibu untuk berpromosi di saat pandemi. Materi yang disampaikan adalah pengetahuan seputar media promosi dan desain pada media sosial, dimana kemudian peserta langsung mempraktekan teori terkait desain dan aplikasi Canva. Hasil kegiatan ini adalah meningkatnya pengetahuan peserta tentang penggunaan media promosi pada media sosial, mengenal Canva sebagai aplikasi desain promosi, dan dapat membuat desain dengan aplikasi Canva.


Keywords


Desain, Media Promosi, Strategi Promosi

Full Text:

PDF

References


M. Sutapa, “MEMBANGUN KOMUNIKASI EFEKTIF DI SEKOLAH,” Jurnal Manajemen Pendidikan, vol. 2, no. 1, 2006.

S. Hidayatullah, “STRATEGI PROMOSI SMP PGRI 12 JAKARTA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH SISWA,” Jakarta, 2010.

E. Sennen, “PROBLEMATIKA KOMPETENSI DAN PROFESIONALISME GURU,” Prosiding Seminar Nasional HDPGSDI Wilayah IV, 2017.

K. Indajang, “PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DENGAN KOMPETENSI GURU SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA YAYASAN PERGURUAN SULTAN AGUNG PEMATANGSIANTAR,” Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan, 2019.

S. Priyanto, “PERANCANGAN MEDIA PROMOSI SMP SULTAN AGUNGSEYEGAN,” Yogyakarta, 2016.

R. Harminingtyas, “ANALISIS LAYANAN WEBSITE SEBAGAI MEDIA PROMOSI, MEDIA TRANSAKSI DAN MEDIA INFORMASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP BRAND IMAGE PERUSAHAAN PADA HOTEL CIPUTRA DI KOTA SEMARANG,” JURNAL STIE SEMARANG, vol. 11, no. 44, pp. 129–141, 2014, [Online]. Available: http://fsct-old.modares.ac.ir/article_10614_30aea192f59914fbe55c62ccc37ee440.pdf

F. Ersyad, Watie, “Identitas Visual Dalam Destination Branding Kawasan Srigunting Semarang,” Jurnal Dinamika Sosial Budaya, vol. 21, no. 2, 2019, [Online]. Available: http://journals.usm.ac.id/Index.Php/Jdsb/Article/View/1720

D. A. S. Panditokaton, “KRITERIA SEKOLAH DASAR PILIHAN ORANG TUAUNTUK ANAKNYA,” Yogyakarta, 2020.

D. S. Puspitarini and R. Nuraeni, “PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House),” Jurnal Common |, vol. 3, 2019.

R. A. Leviasari, “PENGARUH FITUR APLIKASI CANVA TERHADAP KREATIVITAS DESAIN KOMUNIKASI VISUAL PADA MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UIN SUNAN AMPEL SURABAYA,” Surabaya, 2021.

A. Paramita and L. Kristiana, “Teknik Focus Group Discussion dalam Penelitian Kualitatif (Focus Group Discussion Technique in Qualitative Research),” Bul. Penelit. Sist. Kesehat., vol. 16, no. 2, pp. 117–127, 2013.

M. Hasan Basori, M. Noor Hidayat, and G. Artikel, “Efektivitas Sign System Dan Intensitas Informasi Petunjuk Arah Sebagai Media Komunikasi Visual Kota Lama Semarang The Effectiveness of the Sign System and the Intensity of Directional Information as Visual Communication Media in the Kota Lama Semarang,” Sasak, vol. 04, no. 1, pp. 13–20, 2022, [Online]. Available: https://journal.universitasbumigora.ac.id/index.php/sasak/workflow/index/868/5

M. Hasan Basori, C. U. Albab, N. Rosalia, and F. N. Aliya, “Pemberdayaan Karang Taruna dalam Pembuatan E-Katalog Kampung Tematik Kota Semarang,” Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar, vol. 03, no. 1, p. 1, 2021.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v6i1.832

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ristia Kadiasti, Dzuha Hening Yanuarsari, Muhamad Hasan Basori



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :