Edukasi Komposisi Desain dan Konten Iklan Bagi UMKM Lumintu

Toto Haryadi, Erisa Adyati Rahmasari, Auria Farantika Yogananti

Abstract


Kondisi yang sudah terkendali pasca pandemi Covid-19 menjadi pemacu UMKM untuk berbenah diri agar bisa bertahan dan berkembang. Masing – masing melakukan berbagai upaya untuk mempromosikan produk secara lebih masif. Hal ini sebagaimana juga dilakukan oleh UMKM Lumintu yang berdiri sejak tahun 2020 dan terus berkembang secara positif. Meskipun bisa bertahan dan menjual produk, faktanya UMKM Lumintu masih kesulitan mempromosikan usaha secara online. Saat ini strategi promosi yang dilakukan masih konvensional yakni menawarkan produk dari mulut ke mulut dan ditawarkan dalam lingkup yang masih terbatas. Di sisi lain, semakin pesatnya penggunaan internet dan media sosial mendorong UMKM harus meningkatkan kemampuan dalam mengiklankan produknya secara lebih komunikatif dan menarik. Berdasarkan permasalahan tersebut diperlukan pelatihan edukasi komposisi desain dan konten iklan bagi UMKM Lumintu sebagai langkah awal untuk membuat iklan secara mandiri yang memanfaatkan aset hasil sendiri melalui pemanfaatan aplikasi Canva dan perangkat smartphone yang telah dimiliki. Hasil kegiatan ini yaitu desain media iklan sederhana yang bisa dirancang dimanapun, kapanpun, dan oleh siapapun karena mudah diterapkan dan hasilnya bisa diunggah menjadi konten story whatsapp, feed instagram, hingga status facebook. Kegiatan ini bisa dilanjutkan untuk lebih memaksimalkan peran aktif pelaku UMKM dalam mempromosikan produk melalui iklan yang bisa dirancang sendiri (doi t yourself).

 


Keywords


Canva; desain; iklan; media sosial; UMKM

Full Text:

PDF

References


S. Sarfiah, H. Atmaja, and D. Verawati, “UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa,” J. REP (Riset Ekon. Pembangunan), vol. 4, no. 2, pp. 1–189, 2019, doi: 10.31002/rep.v4i2.1952.

W. Juliprijanto and P. Prasetyanto, “Potensi Usaha Kecil Mikro (UKM) Dalam Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi,” J. REP (Riset Ekon. Pembangunan), vol. 5, no. 1, pp. 97–117, 2020, doi: 10.31002/rep.v5i1.3177.

A. Halim, “Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju,” J. Ilm. Ekon. Pembang., vol. 1, no. 2, pp. 157–172, 2020, [Online]. Available: https://stiemmamuju.e-journal.id/GJIEP/article/view/39.

L. teguh Prasetya, “Pemerintah Optimalkan Peran UMKM Sebagai Penggerak Ekonomi Nasional - Desa Tawangrejo,” Website Desa tawangrejo, 2022. https://tawangrejo.desa.id/artikel/2022/1/2/pemerintah-optimalkan-peran-umkm-sebagai-penggerak-ekonomi-nasional (accessed Aug. 18, 2022).

I. Fadhillah, “Tingkatkan Daya Saing, Teten Bidik 30 Juta UMKM Go Digital Tahun 2024,” detikcom, 2022. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-6234353/tingkatkan-daya-saing-teten-bidik-30-juta-umkm-go-digital-tahun-2024 (accessed Aug. 18, 2022).

A. T. Haryanto, “Jokowi Minta Digitalisasi Ekonomi Bikin UMKM Naik Kelas,” detikcom, 2022. https://inet.detik.com/law-and-policy/d-6237369/jokowi-minta-digitalisasi-ekonomi-bikin-umkm-naik-kelas (accessed Aug. 18, 2022).

P. Choirina, B. C. Tjiptady, A. F. Fadliana, M. Rohman, F. Wahyudi, and ‪Pangestuti P. Darajat, “Peningkatan Marketing UMKM Dengan Pelatihan Desain Grafis Untuk Karang Taruna Desa Plandi, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang,” I-Com Indones. Community J., vol. 2, no. 1, pp. 8–16, 2022, doi: 10.33379/icom.v2i1.1195.‬‬‬

Y. I. Maulana, L. Rahmawati, Nurmawati, and D. P. N. Brata, “Pemberdayaan UMKM Melalui Desain Grafis Untuk Meningkatkan Daya Jual,” BISMA Bimbing. Swadaya Masy., vol. 1(3), no. 3, pp. 95–97, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.ijshs.org/index.php/bisma/article/download/266/209/.

U. Pratiwi, Mudah Belajar Desain Grafis dengan Canva. Yogyakarta: Diva Press, 2021.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v6i2.840

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Toto Haryadi, Erisa Adyati Rahmasari, Auria Farantika Yogananti



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statcounter

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :