Pendampingan Perancangan Meja Kerja Multifungsi Untuk Meningkatkan Produktivitas UKM Mina Indo Sejahtera

Dony Satriyo Nugroho, Pramudi Arsiwi, Tita Talitha, Sylvia Anjani, Frendy Metason

Abstract


Kondisi stasiun kerja pada UKM Mina Indo Sejahtera, khususnya untuk proses pembersihan ikan dan unggas dirasa masih belum ideal dan juga sangat terbatas ukurannya, sehingga mengakibatkan produktivitas kurang maksimal karena pekerja harus bergantian untuk menggunakan stasiun kerja tersebut. Selain itu, dikarenakan desain stasiun kerja pada UKM tersebut belum mempertimbangkan aspek ergonomi, mengakibatkan para pekerja pada stasiun kerja tersebut menjadi cepat mengalami kelelahan dan kram pada kaki dikarenakan postur kerja yang kurang tepat. Oleh karena itu, diperlukan inovasi produk meja kerja multifungsi dan ergonomis untuk mendukung proses produksi pada UMKM Mina Indo Sejahtera agar dapat meningkatkan produktivitas dan meminimalkan kelelahan kerja. Meja kerja didesain sesuai dengan kebutuhan pengelola UKM Mina Indo Sejahtera yaitu meja dengan dimensi 120 cm x 120 cm dengan tinggi 75 cm. Material yang digunakan untuk pembuatan meja adalah food grade stainless stell. Meja kerja dilengkapi dengan kran serta saluran pembuangan air dan sampah.


Keywords


SME, work station, ergonomy, multifunctional workbench

Full Text:

PDF

References


Hermawan, B., Haryono, W. and Soebijanto, S. “Sikap, Beban Kerja dan Kelelahan Kerja pada Pekerja Pabrik Produksi Aluminium di Yogyakarta,” Journal of Community Medicine and Public Health, 33 Nomor 4, pp. 213–218. 2016.

Gaol, M. J. L., Camelia, A. and Rahmiwati, A. “ANALISIS FAKTOR RISIKO KELELAHAN KERJA PADA KARYAWAN BAGIAN PRODUKSI PT. ARWANA ANUGRAH KERAMIK, Tbk,” Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 9(1), pp. 53–63. doi: 10.26553/jikm.2018.9.1.53-63. 2018

Suyono,K. Z., & Nawawinetu, E. D. "Hubungan antara Faktor Pembentuk Budaya Keselamatan Kerja dengan Safety Behaviour di PT DOK dan Perkapalan Surabaya Unit Hull Costruction". The Indonesian Journal of Occupational Safety and Health 2 (1), 67-74. 2010

I. Suryaningrat, S. S. Harsono, and S. Cahyadi, “ANALISIS ASPEK ERGONOMI PADA LINGKUNGAN KERJA (STUDI KASUS PADA UNIT PRODUKSI COCO FIBER) Ergonomic Aspect Analysis on Work Environment (A Case Study of Coco Fiber Production Unit),” Agrotek, vol. 5, no. 2, pp. 91–99, 2011.

Andriani, M. and Subhan. “Perancangan peralatan secara ergonomi untuk meminimalkan kelelahan di pabrik kerupuk,” Seminar nasional sains dan teknologi 2016 fakultas teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta, (November), pp. 1–10. 2016 [Online] Available at: jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastek%0Ap-ISSN.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v6i2.841

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dony Satriyo Nugroho



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :