Pelatihan Robotika Untuk Pengenalan Dunia Robotik Bagi Siswa SMA KOLESE LOYOLA Semarang

Zaenal Arifin, Arga Dwi Pambudi, Aries Jehan Tamamy, Nur Islahudin, Hery Pamungkas, M. Ary Heryanto

Abstract


Perkembangan pesat teknologi robotika di Indonesia sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Hal tersebut dapat dilihat banyaknya sektor indutri yang lebih memilih berinvestasi pada mesin (robot) untuk meningkatkan jumlah produktifitas. Baik skala industri besar maupun UMKM telah banyak mengimplementasikan robot dalam proses produksi. Salah satu faktor yang mempengaruhi hal tersebut karena robot terbukti lebih efisien serta mudah dikendalikan. Perkembangan robot juga dikombinasikan dengan machine learning atau IoT pada industri 4.0 berdampak pada kemampuan robot yang menjadi lebih luas. Aspek tersebut bahkan semakin nyata bahwa robot dapat berkerja selayaknya manusia. Peran robot dalam dunia industri utamanya adalah untuk proses otomasi, efisiensi, keamanan, serta peningkatan produktifitas. Kemunculan robot ikut memicu hilangnya lapangan pekerjaan manusia, namun disisi lain membuka peluang lapangan pekerjaan tentang dunia robotika. Urgensi dan benefit yang didapat apabila kita berperan aktif dalam teknologi robotika adalah kita tidak hanya dijadikan pasar, namun sebagai inventor maupun developer. SMA KOLESE LOYOLA Semarang merupakan salah satu SMA unggulan di kota Semarang. Dalam penyelenggaran Pendidikan tingkat SMA, sekolah mencoba memfasilitasi para siswa/siswi untuk berperan dalam perkembangan teknologi. Salah satu yang menjadi perhatian adalah dalam bidang teknologi robotika. Hal tersebut dapat dilihat dalam upaya sekolahan untuk membentuk ekstrakulikuler robotika yang ditawarkan kepada para siswa/siswi. Tujuan dari adanya ekstrakulikuler tersebut adalah menumbuhkan minat kepada siswa/siswi terkait teknologi robotika. Metode yang dilakukan dalam menumbuhkan minat tentang dunia robotik untuk persiapan pembentuka ekstrakulikuler yaitu: Workshop Pengenalan Robotika, kemudian dilanjutkan dengan penyusunan modul pembelajaran, dan melakukan pendampingan dalam kegiatan ekstrakulikuler. Dari pelaksanaan tersebut jumlah siswa yang mendaftar pada ekstrakulikuler robotika sebanyak 35 siswa yang terdiri dari siswa kelas 10 dan 11.


Keywords


Robotika, Workshop, Ekstrakulikuler

Full Text:

PDF

References


Ahmad Ataka A. R. (2020), “Robots Among Us: Job-stealing Enemies or Productivity Enhancers”, Universitas Gadjah Mada, diakses melalui: https://fisipol.ugm.ac.id/en/digital-discussion-41-robotic-technology-development-friend-or-foe/

Hendy Djaya Siswaja (2008), “Prinsip Kerja Dan Klasifikasi Robot”, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer LIKMI, Jurnal Media Informatika, Vol. 7 No. 3.

Luigi P. Henrik H. L. (2017), “The future of Robotics Technology”, Journal of Robotics, Networking and Artificial Life Published by Atlantis Press

Baradista D. L. (2016) “Pengembangan Robot Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Ekstrakurikuler Robotik Studi Kasus Smp Almuslim Bekasi”, JPTV: Jurnal Pendidikan Teknik dan Vokasional, Universitas Negeri Jakarta, Vol. 2, No. 2.

Joni F., Wahidin W., Wati A. P., (2021), “Pelatihan Perancangan Robot Beroda Dengan Detektor Tepi Meja Pada Sekolah Sma Tarsisius 1 Dan Sma Tri Ratna” Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia Universitas Taruma Negara, Vol 4, No. 1.

Adrie S., Djoko P., Rudi D., (2016), “Rancang Bangun Kendali Jarak Jauh Robot Servis Berbasis Internet of Things”, Jurnal TEKNIK Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Vol. 5, No. 2.

Siswanto, Haris T. S. (2019), “Pelatihan Pembuatan Robot Line Follower untuk Meningkatkan Pengetahuan Robotika pada Siswa SMK Negeri I Kramatwatu” Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Prasetya Mulya, Vol. 1, No.1.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v6i1.846

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Zaenal Arifin, Arga Dwi Pambudi, Aries Jehan Tamamy, Nur Islahudin, Hery Pamungkas, M. Ary Heryanto



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :