Diseminasi Alat Pengirat Bambu ke Pengrajin Bambu di Desa Radamata, Sumba Barat Daya

- Salman, - Sugiman, Paryanto Dwi Setyawan, - Sinarep, I Made Adi Sayoga

Abstract


Pemanfaatan bambu seyogyanya menciptakan peluang nilai tambah yang lebih tinggi untuk meningkatkan pendapatan masyarakat. Perlu dilakukan sinergitas program-program pemerintah lintas sektor untuk dapat mewujudkan pengembangan bambu yang terintegrasi sehingga menjadikan bambu sebagai penggerak ekonomi rakyat. Karena itulah dengan tujuan untuk mengoptimalkan potensi pengembangan pengolahan bambu di daerah tertinggal, maka tim pelaksana peningkatan kapasitas tenaga kerja non pertanian melakukan diseminasi alat pengirat bambu di di Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur.  Kegiatan diawali dengan pembuatan alat pengirat bambu. melalui tahap perancangan sebelumnya dari tim LPPM Unram. Selanjutnya alat di-diseminasi ke pengrajin bambu di Sumba Barat Daya. Hasil dari kegiatan adalah adanya sikap antusiasme dari para pengrajin dan adanya alat pengirat bambu pada pengrajin setempat.

Keywords


bamboo, underdeveloped regions, bamboo cutting, Sumba

Full Text:

PDF

References


Aditya H., 2019, Pengelolaan bambu ampel (bambusa vulgaris) melalui perlakuan penjarangan pada pola agroforestri, Jurnal Penelitian Hutan dan Konservasi Alam (JPHKA), Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan, Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, vol 16, no. 1, pp. 8-15.

Effendi A., 2015, Teknologi Pengolahan Dan Manfaat Bambu, Jurnal Riset Industri Hasil Hutan, vol.7, no.1, pp. 45 –5

Badan Pusat Statistik Kabupaten Sumba Barat Daya, 2022, Informasi Sosial Kependudukan Sumba Barat Daya, 18 Maret 2022.

Salman, S., Emmy, DS., Hendry, ST., 2019, Pengadaan Alat Pembuat Tusuk Sate Manual Guna Meningkatkan Produksi Usaha Tusuk Sate di Desa Pendem, Lombok Tengah, Jurnal Karya Pengabdian, Jurusan teknik Mesin, Universitas Mataram, vol 1, No 3, pp. 23-29.

Elsi P., Manurvi M., Zayu P., Ramadhon, 2021, Rancang Bangun Mesin Pembuat Tusuk Sate, Laporan Akhir Diploma III, Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung.

Gusri A., Ibrahim, Arinal H., Margaretta W., Riki A., Budi H., 2019, Pembuatan dan Pengujian Mesin Penyerut Tusuk Sate, Mekanik, Sakai Sambayan , Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Lampung, vol 3, no 1, pp. 15-23.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v6i2.865

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Salman, Sugiman, Paryanto Dwi Setyawan, Sinarep, I Made Adi Sayoga



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :