IbM PELATIHAN PENGELOLAAN DATA SISWA MENGGUNAKAN MS ACCESS PADA GURU DAN KARYAWAN DI SD KRISTEN BALA KESELAMATAN SEMARANG

novita kurnia ningrum, Defri Kurniawan, Cahaya Jatmiko, Daurat Sinaga

Abstract


SD Kristen Bala Keselamatan terletak di Jalan Dr. Cipto No.64B Kelurahan Bugangan Kecamatan Semarang Timur Kota Semarang. Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2016 tentang Permendikbud No 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah yang berkaitan dengan proses pengelolaan data siswa (Lampiran Permendikbud No 21 Tahun 2016, 2019). Saat ini SD Kirsten Bala Keselamatan Kota Semarang sudah memiliki Laboratorium komputer. Akan tetapi saat ini pengelolaan data akademik dan administrasi siswa masih dilakukan secara manual mencatat di buku. a. Selain kurangnya tenaga pengajar dan tenaga adminstrasi, guru dan staf yang bertugas di SD Bala Keselamatan masih belum memiliki kemampuan khusus dalam mengelola data siswa secara terkomputerisasi. Oleh karena itu, maka pada pengabdian masyarakat dengan skim Ipteks bagi Masyarakat ini akan diberikan pelatihan dengan materi pengelolaan data siswa menggunakan Ms. Office Access. Menurut penelitian oleh Amiruddin yang menyatakan bahwa Ms. Office Access dengan fitur management database relational sangat membantu dalam mengelola data-data yang ada sehingga dapat terintegrasi antara satu dengan yang lainnya. Salah satu tujuan pengelolaan database diantara adalah agar memudahkan penyusunan arsip dan memudahkan dalam pencarian data dalam bentuk elektronik. Sebagaimana yang disampaikan oleh Oktaviani dalam penelitiannya yang menyatakan bahwa Ms. Office Access dapat digunakan untuk memudahkan arsip yang tidak tersusun agar dapat tersistematis dan Ms. Office Access merupakan program database digunakan untuk pengolahan berbagai jenis data.

Keywords


students data, management students data, sd bala keselamatan

Full Text:

PDF

References


Amiruddin, N. (2015). Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Ms Access pada Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Ujung Pandang. Jurnal Sainsmat, 175195.

APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia). (2018). Polling Indonesia.

Bohlman , H., & Dundas, M. (2002). The Legal, Ethical and International Environment of Business. (5th ed). . Cincinnati, OH: West.

Kuncoro, M. ( 2002). Metode Kuantitatif Teori dan Aplikasi Untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Kurnia Ningrum, N., Parti Astuti, Y., & Sudibyo, U. (2019). IbM PENERAPAN MICROSOFT OFFICE EXCEL UNTUK MENUNJANG PROFESIONALISME GURU DALAM PENGELOLAAN NILAI SISWA DI SD SYAHIDIN SEMARANG. Jurnal Abdimasku.

Lampiran Permendikbud No 21 Tahun 2016. (2019). Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Retrieved from Website Kemendikbud: https://bsnp-indonesia.org/standar-isi/

Laudon, Kenneth C.; Laudon, Jane P.;. (2012). Management Information System. Pearson.

Newmark, P. ( 1991). About translation. Clevedon [England]: Multilingual Matters. England.

Oktaviani, A., & Nelisa, M. (2015). PEMBUATAN PANGKALAN DATA ARSIP MENGGUNAKAN MICROSOFT ACCESS PADA SESI PEMBERITAAN DI LLP RRI BUKIT TINGGI. Jurnal Ilmu Informasi dan Ilmu Kearsipan, 4(1).

Sutejo , S. B. (2006). INTERNET MARKETING: KONSEP DAN PERSOALAN BARU DUNIA PEMASARAN. Jurnal Manajemen, 6(1).

Wahono, R. S. (2008). Memanfaatkan Internet untuk Personal Branding . Retrieved from Ilmu Komputer.org.

We Are Social. (2019). Global User Social Media Pass 3.5 Billion. Retrieved from We Are Social: https://wearesocial.com/blog/2019/07/global-social-media-users-pass-3-5-billion




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v3i3.96

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 novita kurnia ningrum, Defri Kurniawan, Cahaya Jatmiko, Daurat Sinaga



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :