Penerapan E-commerce dan Media Sosial dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Wirausaha Panti Asuhan Abdul Kadir Kurnia

Moch. Zawaruddin Abdullah, Cahya Rahmad, Rudy Ariyanto, Annisa Puspa Kirana, Septian Enggar Sukmana

Abstract


Panti Asuhan Yatim Abdul Kadir Kurnia merupakan salah satu lembaga panti asuhan yang terletak di Kota Malang. Panti asuhan ini memiliki program kegiatan usaha untuk memberikan bekal keterampilan pada anak asuh serta menambah sumber pendanaan lembaga. Namun, kegiatan usaha yang dilakukan oleh Pondok Anak Yatim Abdul Kadir Kurnia ini kurang maksimal dalam segi penjualan. Faktor kurang maksimalnya penjualan ini dikarenakan produk-produk karya panti tidak terpasarkan dengan baik. Perlu pemahaman tentang pengelolaan pemasaran secara online secara digital marketing seperti sosial media atau web e-commerce, sehingga produk yang telah dibuat dikenal masyarakat luas. Kegiatan pengabdian masyarakat yang diusulkan ini berinisiatif untuk menerapkan dan memanfaatkan website e-commerce  dan sosial media guna mengenalkan produk-produk karya kegiatan usaha dari panti asuhan Abdul Kadir Kurnia  ke khalayak publik.


Keywords


e-commerce, sosial media, panti asuhan

Full Text:

PDF

References


C. S. I. Surjastuti, “Landasan Konseptual Perencanaan dan Perancangan Panti Asuhan Anak Telantar di Yogyakarta,” Universitas Atma Jaya Yogyakarta, 2012.

M. Y. T. Sulistyono, W. S. Sari, and ..., “Peningkatan Sumberdaya Panti Asuhan Dalam Pengamankan Aset Informasi Dengan Teknologi Literasi Informasi,” Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 5, no. 2, pp. 295–303, 2022.

O. M. Febriani, D. Yuliawati, and D. Maria, “Keterampilan Menjahit Bagi Anak Panti Asuhan Rumah Yatim di Kota Bandar Lampung,” Dharmakarya, vol. 8, no. 4, pp. 216–219, 2019.

Kementerian Sosial Republik Indonesia, “Departemen Sosial Republik Indonesia,” pp 2009-2011, 2011.

Departemen Sosial, “Departemen Sosial Republik Indonesia,” Departemen Sosial Republik Indonesia, 1997.

M. Azizah, P. Arisyanto, Q. Mushafanah, and K. Fajriyah, “Peningkatan Keterampilan Wirausaha Remaja Panti Asuhan Manarul Mabrur Kota Semarang Pada Masa Pandemi Covid-19,” Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 4, no. 2, p. 314, 2021.

W. F. Dewi et al., “Peningkatan Pengetahuan dan Pendapatan Pengrajin Gula Kelapa Melalui Pelatihan dan Pemasaran Online,” Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 5, no. 2, pp. 284–294, 2022.

Rina Riana and Diah Handayani, “Pengenalan Pemasaran Melalui Media Sosial dan E-commerce UMKM Desa Keling Kediri,” Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 5, no. 2, pp. 255–257, 2022.

D. N. A, S. Munfaqiroh, N. Nunung, and H. Sugeng, “Market Price Sebagai Strategi Bersaing Peningkatan Penjualan Produk Unggulan di Kampoeng Kajoetangan,” Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 5, no. 2, pp. 241–246, 2022.

D. Tetap and S. Cki, “E-Commerce Sebagai Pendukung Pemasaran,” Jurnal Sistem Informasi Universitas Suryadarma, vol. 4, no. 1, 2014.

A. O. Siagian, R. Martiwi, and N. Indra, “Kemajuan Pemasaran Produk Dalam Memanfaatkan Media Sosial Di Era Digital,” Jurnal Pemasaran Kompetitif, vol. 3, no. 3, p. 44, 2020.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v6i2.962

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Moch. Zawaruddin Abdullah, Cahya Rahmad, Rudy Ariyanto, Annisa Puspa Kirana, Septian Enggar Sukmana



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :