Workshop Powtoon untuk Pembuatan Video Konseling bagi Guru seluruh SMA di Kabupaten Sidoarjo

I Gusti Ngurah Alit Widana Putra, Valentinus Roby Hananto

Abstract


Siswa generasi milenial adalah generasi yang lahir dimana teknologi informasi sudah berkembang pesat. Siswa generasi ini sudah dikenalkan dengan perangkat mobile sejak kecil sehingga mereka sangat fasih menggunakan teknologi informasi. Siswa generasi ini juga tidak asing dengan media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok, dan mereka juga sering menggunakan streaming video seperti Youtube setiap harinya. Setiap sekolah di kabupaten Sidoarjo memiliki guru bimbingan konseling yang memiliki fungsi untuk memantau, membuat dan memastikan setiap siswa berperilaku baik sesuai dengan visi dan misi pendidikan yang dicanangkan oleh sekolah dan juga tujuan pendidikan nasional. Guru Bimbingan dan Konseling (BK) biasanya memiliki latar belakang pendidik tapi kurang dalam kemampuan penguasaan teknologi informasi dalam pelayanan Bimbingan Konseling. Karena hal tersebut berdasarkan hasil Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) Sekolah Menengah Atas (SMA) Sidoarjo bermitra dengan Universitas Dinamika sebagai kampus teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas guru BK dalam pelayanan bimbingan konseling kepada siswa guna dapat membuat video konseling yang menarik. Berdasarkan permasalahan tersebut Universitas Dinamika melalui dosen pengajar memberikan workshop aplikasi Powtoon kepada guru BK seluruh SMA di kabupaten Sidoarjo yang dilaksanakan di laboratorium Universitas Dinamika. Berdasarkan evaluasi survey di akhir workshop, hasil dari workshop ini adalah guru BK dapat menguasai aplikasi Powtoon untuk membuat video konseling.


Keywords


Powtoon, counseling video, guidance and counseling teacher, high school student

Full Text:

PDF

References


E. Deliviana, “Aplikasi Powtoon Sebagai Media Pembelajaran : Manfaat Dan Problematikanya,” in Seminar Nasional Dies Natalis ke 56 Universitas Negeri Makassar, 2017, pp. 1–6. Accessed: Oct. 25, 2022. [Online]. Available: http://repo.uki.ac.id

Ayu Wulan Septiani, “Penggunaan Media Pembelajaran Powtoon Oleh Guru Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Materi Kedatangan Bangsa Barat ke Indonesia,” UIN SATU Tulungagung, Tulungagung, 2022.

W. Soviana Devi, A. Fadly, R. Dewi Kartikasari, and P. Bahasa dan Sastra, “Pelatihan Pemanfaatan Powtoon Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Guru di Kota Sukabumi,” RESWARA J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 2, pp. 162–168, Jul. 2020, doi: 10.46576/RJPKM.V1I2.599.

E. Sukmanasa, L. Novita, and A. Maesya, “Pendampingan pembuatan media pembelajaran Powtoon bagi guru Sekolah Dasar Gugus 1 Kota Bogor,” Transform. J. Pengabdi. Masy., vol. 16, no. 1, pp. 95–105, Jun. 2020, doi: 10.20414/TRANSFORMASI.V16I1.2140.

R. Riski and H. Rosiyanti, “Webinar Pengenalan Media Pembelajaran Powtoon Kepada Siswa Dan Guru di MAN 1 Tangerang Selatan,” in Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, Nov. 2021, vol. 1, no. 1, pp. 95–105. Accessed: Oct. 26, 2022. [Online]. Available: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/10681




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v6i1.966

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 I Gusti Ngurah Alit Widana Putra, Valentinus Roby Hananto



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :