Peningkatan Literasi Jurnalistik Melalui Pelatihan Penulisan Berita pada Siswa Ekstrakurikuler Jurnalistik SMA Muhammadiyah 01 Semarang

Hilda Rahmah, Kharisma Ayu Febriana, Sri Syamsiah Lestari Syafiie

Abstract


Percepatan dalam sektor informasi dan komunikasi menuntut masyarakat untuk mampu beradaptasi di tengah gempuran informasi dari berbagai arah. Dalam konteks ini, menulis menjadi alternatif untuk dapat meningkatkan literasi komunikasi digital sehingga memungkinkan terjadinya kecakapan individu dalam menerima segala bentuk informasi. Menanggapi hal tersebut, SMA Muhammadiyah 01 Semarang berupaya untuk memfasilitasi peserta didiknya sebuah ruang belajar jurnalistik melalui ekstrakurikuler jurnalistik sekolah. Namun, antusias siswa yang tinggi terhadap ekstrakurikuler ini tidak sebanding dengan peningkatan skill menulis. Anggota ekstrakurikuler jurnalistik masih memiliki kemampuan menulis yang minim, diantaranya karena keterbatasan SDM dalam bidang jurnalistik di sekolah, belum tersedianya lembaga pers sekolah, serta belum pernah diadakan pelatihan jurnalistik di sekolah. Lebih lanjut hal ini membuat siswa mengalami kesulitan dalam membuat dan menyusun teks berita dan menyalurkan tulisanya. Berdasarkan temuan masalah tersebut, kegiatan pengabdian kepada masyarakat Universitas Semarang Program Studi Ilmu Komunikasi, berkomitmen untuk membekali siswa ekstrakurikuler jurnalistik SMA Muhammadiyah 01 Semarang dengan memberikan pelatihan penulisan, agar siswa mampu menghasilkan dan menyalurkan tulisan yang kompeten di majalah dinding sekolah maupun di media massa.

Keywords


news writing, mass media, journalism

Full Text:

PDF

References


Supratman, L. P., & Wahyudin, A. 2017, Digital Media Literacy to Higher Students in Indonesia, International Journal English Literature and Social Sciences, 2(5). https://ijels.com/detail/digitalmedia-literacy-to-higher-students in indonesia/.

Nasrullah, R., 2021, Manajemen Komunikasi Digital Perencaan, Aktivitas dan Evaluasi, Prenada Media Group, Jakarta.

Nasrullah, R., 2018, Media Sosial, Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi, Simbiosa Rekatama Media, Bandung.

Tarigan, H.G., 1994, Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Angkasa, Bandung.

Sumadiria, AS. Haris., 2006, Jurnalistik Indonesia Menulis Berita dan Feature, Simbiosa Rekatama Media, Bandung.

Murniati, Khoirul, M, Abdul, W, Mahfudlah, F., 2019, Program Pelatihan Jurnalistik Sekolah di MA NU Tengguli Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara, Journal of Dedicators Community, vol 3. https://ejournal.unisnu.ac.id. [7] Gumelar, R,G., 2014. Layout Majalah Sebagai Sebuah Cerminan Identitas Pembaca, Studi Kasus Layout Majalah Cosmopolitan dan Aneka Yes, Jurnal Komunikasi, Vol. 2, Nomor. 3. 51-57.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v6i1.975

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hilda Rahmah



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :