Pembekalan Branding Industri dengan Pemanfatan Teknik Logo sebagai Media Promosi Produk UMKM Kelurahan Tanjung Mas Semarang

Elkaf Rahmawan P, - Muslih, Abi Seno Prabowo, - Khamadi, Arief Soeleman

Abstract


Perempuan merupakan makhluk yang diciptakan dengan berbagai kelebihan sehingga banyak hal yang dapat dilakukan perempuan. Perempuan juga dapat berperan aktif dalam membantu pendapatan ekonomi keluarga apabila pendapatan keluarga dirasa masih kurang atau pas-pasan. Kelurahan Tanjung Emas merupakan salah satu daerah kumuh yang ada di Kota Semarang. Permukiman yang berkembang di Kawasan Kelurahan Tanjung Emas yaitu permukiman nelayan dan permukiman padat kota dengan mata pencaharian utama penduduk bekerja di sektor informal. Dengan kebanyakan penduduk bekerja di sektor informal menimbulkan masalah pada keluarga karena mendapatkan penghasilan yang tidak menentu. Sesuai dengan peranan perempuan dalam era sekarang, maka perempuan seharusnya memiliki peran pemberdayaan dalam keluarga. Salah satu lembaga swadaya masyarakat yang fokus terhadap pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak adalah Yayasan Anantaka. Khusus dalam hal pemberdayaan perempuan, Yayasan Anantaka berfokus pada mendukung perempuan berwirausaha sebagai tenaga kerja mandiri. Kegiatan yang dilakukan salah satunya adalah pendampingan pelatihan kewirausahaan. Keberhasilan kegiatan pemberdayaan perempuan yang dilakukan dalam hal pendampingan pelatihan kewirausahaan di kecamatan Gunung Pati akan dilanjutkan di Kelurahan Tanjung Emas. Permasalahan angka tingkat kemiskinan di Kelurahan Tanjung Emas seharusnya dapat berkurang dengan peran serta perempuran sebagai bagian dari keluarga. Ibu-ibu di Kelurahan Tanjung Emas sudah mendapatkan pelatihan tentang pengolahan boga dan makanan sehat. Pelatihan tersebut telah melahirkan banyak olahan makanan yang sebenarnya dapat dipasarkan ke luar Kelurahan Tanjung Emas. Akan tetapi, produk makanan yang dihasilkan belum dibranding dengan baik sehingga tidak dapat dimanfaatkan potensi ekonominya dengan baik.

Keywords


Tanjung Emas, Anantaka, Pelatihan

Full Text:

PDF

References


Rizkia, "PERAN PEREMPUAN DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN KELUARGA MELALUI PROGRAM P2WKSS DI SUMBER GAMOL, BALECATUR, GAMPING, SLEMAN," Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, 2017.

d. Wahyuni A R, "PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA BANYUMENENG BERBASIS EKONOMI KREATIF MELALUI RUMAH JAMUR DI ERA NEW NORMAL," Jurnal Pasopati, pp. 12-18, 2022.

S. Sriyono, "Karakteristik dan Faktor Penyebab Permukiman Kumuh di Kelurahan Tanjung Mas Kota Semarang," Geo-Image, pp. 37-44, 2019.

P. dkk, "Perancangan desain kemasan makanan ringan olahan pada UMKM center Jawa Tengah dengan metode Kansei Engineering," Industrial Engineering Online Journal, p. 1, 2017.

Aswiyati, I. (2016). Peran wanita dalam menunjang perekonomian rumah tangga keluarga petani tradisional untuk penanggulangan kemiskinan di Desa Kuwil Kecamatan Kalawat. HOLISTIK, Journal Of Social and Culture.

S. N. J, "Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen," Prenada Media, pp. -, 2019.

S. H, "Tanjung Emas Kelurahan Ramah Perempuan dan Anak, Hendi: Relatif Masih Butuh Perhatian," Suara Merdeka, Semarang, 2021.

d. A Susanto, "Implementasi Facebook Marketplace untuk Produk UMKM sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran dan Penjualan Online," Abdimasku UDINUS, p. 42–51, 2020.

d. Ibnu Utomo WM, "Implementasi E-Learning Menggunakan Edmodo bagi Guru-Guru SD Kecamatan Cawas, Klaten," Abdimasku UDINUS, p. 56–64, 2020.

d. Muslih, "Pelatihan dan Pendampingan Peningkatan Keahlihan Modelling Character 3D untuk Siswa dan Guru di SMK ST. FRANSISKUS SEMARANG," Abdimasku UDINUS, p. 228–238, 2021.

d. Muslih, "PELATIHAN SDM SEKOLAH KKM MA MRANGGEN DALAM PEMBUATAN KONTEN MEDIA SOSIAL UNTUK BRANDING INSTITUSI SEBAGAI MEDIA PROMOSI PPDB," Abdimasku UDINUS, p. 579–586, 2022




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v6i2.978

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muslih Muslih, Elkaf P Rahmawan, Abi Seno Prabowo, Khamadi Khamadi, Arief Soeleman



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :