Perancangan Strategi Digital Marketing untuk UMKM Barongan di Desa Galengdowo

Reviola Celly Sidharta, Mira Gunawan, Yusuf Ariyanto, Theresia Nataniela Renata Puspa, Pramesti Regista

Abstract


Barongan merupakan produk kesenian daerah yang cenderung kurang dikenal dan diminati oleh masyarakat sekarang ini, hal tersebut secara langsung berdampak terhadap penjualan produk kesenian barongan. Dampak tersebut dirasakan sejumlah besar pengerajin produk kesenian barongan, khususnya produk kesenian barongan Tariske Art, sehingga diperlukan strategi pengembangan melalui digital marketing UMKM Barongan. Kondisi tersebut diperparah dengan Pandemi COVID-19 yang menyebabkan pentas seni harus dihentikan menyebabkan pesanan produk kesenian barongan Tariske Art menurun. Kegiatan pendampingan UMKM Barongan menjadi salah satu upaya tim PPK Ormawa untuk mendorong serta meningkatkan kesadaran dan ketertarikan masyarakat terhadap produk kesenian barongan. Metode yang digunakan dalam kegiatan pendampingan tersebut adalah perencanaan, aktualisasi, dan pengendalian penggunaan e-commerce dan social media. Kegiatan pendampingan juga diwujudkan dalam inovasi yang menginisiasi pembuatan produk baru untuk menarik minat konsumen, seperti gantungan kunci dan pigura wayang yang dibuat secara manual sehingga memiliki nilai otentik. Tujuan perencanaan strategi digital marketing ini adalah semakin luasnya pasar UMKM Barongan Tariske Art yang menyebabkan peningkatan pendapatan, dengan harapan masyarakat mencintai produk lokal dan menyadari nilai estetikanya, tidak hanya membeli saja namun menciptakan dan menggunakan produk lokal tersebut.


Keywords


Produk kesenian , Kegiatan pendampingan, UMKM, barongan, Digital marketing

Full Text:

PDF

References


C. E. Cahyaningtyas, “Reinvensi Unsur Visual Barong Plok dan Identitas Kultural Indonesia.,” no. September, pp. 123–128, 2019.

W. Wahyudi, A. T. R. Sari, and A. M. Qathafi, “Pelatihan Pembuatan dan Pemasaran Kerajinan Seni Barongan Di Desa Kalikejambon,” J. ABDINUS J. Pengabdi. Nusant., vol. 4, no. 2, pp. 395–406, 2021, doi: 10.29407/ja.v4i2.15590.

C. N. Shofa, “JEPAPLOK: KOREOGRAFI PENGGAMBARAN HEWAN MITOLOGI JAWA,” vol. 16, no. 2, pp. 188–201, 2020.

“Manfaatkan Kayu Hutan Wonosalam, Pemuda ini Buat Kerajinan Barongan | Radar Jombang.” https://radarjombang.jawapos.com/wonderland-wonosalam/09/06/2022/manfaatkan-kayu-hutan-wonosalam-pemuda-ini-buat-kerajinan-barongan/ (accessed Oct. 30, 2022).

H. Wijoyo, I. Indrawan, and M. Musnaini, Digital Marketing, no. September. 2016.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v6i1.994

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Reviola Celly Sidharta, Mira Gunawan, Yusuf Ariyanto, Theresia Nataniela Renata Puspa, Pramesti Regista



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :