Digitalisasi Pelayanan Publik dan Digital Marketing Produk UMKM Desa Karangpakel, Kec. Trucuk, Kab. Klaten

Ibnu Utomo Wahyu Mulyono, Ajib Susanto, Karis Widyatmoko, Novita Kurnia Ningrum

Abstract


Transformasi digital yang dicanangkan oleh pemerintah belum tercapai sesuai rencana, dibutuhkan komitmen dari pemerintahan daerah sampai pemerintahan desa, dibutuhkan kolaborasi untuk mewujudkan hal tersebut. Desa Karangpakel merupakan desa yang belum memiliki sarana digitaliasi layanan publik dan belum ada saluran informasi seputar kegiatan desa serta belum optimalnya promosi dan penjualan produk desa melalui digital marketing. Pendampingan digitalisasi bertujuan agar layanan warga dapat dilakukan secara daring dan pemasaran serta penjualan produk dapat dilakukan melalui web desa. Hasil yang dicapai berupa website desa untuk layanan publik dan penjualan produk UMKM desa melalui lapak desa, web e-commerce dan sosial media.

Full Text:

PDF

References


Humas Kemendesa PDTT, “Mendes PDTT: Desa Mampu Menjadi Penyangga Ekonomi Nasional Selama Pandemi Covid-19,” 2021. https://www.kemendesa.go.id/berita/view/detil/4135/mendes-pdtt-desa-mampu-menjadi-penyangga-ekonomi-nasional-selama-pandemi-covid-19

Mediaindonesia.com, “Dorong Potensi Ekonomi Desa lewat Transformasi Digital,” pp. 1–6, 2022, [Online]. Available: https://mediaindonesia.com/humaniora/416956/dorong-potensi-ekonomi-desa-lewat-transformasi-digital

A. Susanto, C. A. Sari, D. R. I. Moses, E. H. Rachmawanto, and I. Utomo, “Implementasi Facebook Marketplace untuk Produk UMKM sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran dan Penjualan Online,” J. Pengabdi. Masy. - LPPM Univ. Dian Nuswantoro Semarang, vol. 3, no. 1, pp. 42–51, 2020.

B. Salgues, Society 5.0: Industry of the future, technologies, methods and tools, 1st ed., vol. 1, no. December. London: ISTE Ltd, 2018. doi: 10.1002/9781119507314.

Nisa, “Mengenal Apa Itu Society 5.0 dan Contoh Penerapannya dalam Berbagai Bidang,” vol. 2022, pp. 1–15, 2022, [Online]. Available: https://inmarketing.id/society-5-0-adalah.html

A. Susanto et al., “Implementasi Sistem Informasi Desa ( SID ) untuk Peningkatan Layanan dan Keterbukaan Informasi di Desa,” vol. 4, no. 2, pp. 38–47, 2021.

A. Susanto, E. H. Rachmawanto, and D. P. Prabowo, “Digital Marketing Produk UMKM Desa Binaan PKKP Kab. Rembang untuk Meningkatkan Nilai Produk dan Pemasaran Online,” vol. 3, no. 1, pp. 1–10, 2022.

M. R. Hananto and I. B. Sulistyono, “Digitalisasi Produk UMKM Masyarakat Kelurahan Karangtalun Guna Meningkatkan Pemasaran Dengan Menggunakan Metode Penta Helix,” Ikra-Ith Abdimas, vol. 6, no. 1, pp. 148–155, 2022, doi: 10.37817/ikra-ithabdimas.v6i1.2385.

D. Harto, S. R. Pratiwi, M. N. Utomo, and M. Rahmawati, “Penerapan Internet Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada UMKM,” JPPM (Jurnal Pengabdi. dan Pemberdaya. Masyarakat), vol. 3, no. 1, p. 39, 2019, doi: 10.30595/jppm.v3i1.3033.

A. Susanto, “Digital Marketing,” 2020.

W. A. S. & Hootsuite, “Digital 2022 Indonesia.” We Are Social & Hootsuite, 2022.

A. Susanto, IT untuk Pembangunan Desa. 2022.

Sudaryanto, I. Utomo W.M, Y. Kusumawati, and A. Susanto, “Optimalisasi Potensi Desa Jatimakmur , Songgom , Brebes Melalui Pengembangan Web Desa Optimizing the Potential of Jatimakmur , Songgom , Brebes Villages Through Village Website Development,” Judimas, vol. 3, no. 1, pp. 29–41, 2022.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.