Penerapan Aplikasi JDIH di Desa Tambong Sebagai Media Publikasi Peraturan Desa ke Masyarakat

Khoirul Umam, Galih Hendra Wibowo, I Wayan Suardinata

Abstract


Sebagai bagian dari instansi pemerintahan daerah di Kecamatan Kabat, Banyuwangi, Jawa Timur, Desa Tambong setiap tahunnya selalu menghasilkan berbagai macam produk hukum. Untuk dapat mempublikasikan produk-produk hukum tersebut, maka Pemdes Tambong membutuhkan sebuah sistem yang dapat diakses oleh masyarakat dan dapat digunakan untuk mencari informasi terkait produk hukum tersebut. Oleh karena itu dilakukan pengembangan aplikasi Jaringan Dokumen dan Informasi Hukum (JDIH) untuk Desa Tambong serta pendampingan penggunaan aplikasi tersebut bagi Pemdes Tambong selaku pengelola utamanya melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Sosialisasi juga dilakukan kepada masyarakat melalui media stand banner agar masyarakat mengetahui keberadaan aplikasi tersebut dan dapat memanfaatkannya.

Keywords


aplikasi web, JDIH, produk hukum

Full Text:

PDF

References


Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri, "Profil Desa Perkembangan Desa Tambong, Kecamatan Kabat, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur," Kementerian Dalam Negeri, 2021.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Banyuwangi, "Kecamatan Kabat Dalam Angka 2019," BPS Kabupaten Banyuwangi, Banyuwangi, 2019.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, "Desa Wisata Tambong," 2022. [Online]. Available: https://jadesta.kemenparekraf.go.id/desa/tambong. [Accessed 30 Juli 2022].

Pemerintah Indonesia, Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2012 tentang Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional, Jakarta: Sekretariat Negara, 2012.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v6i2.1040

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Khoirul Umam, Galih Hendra Wibowo, I Wayan Suardinata



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :