Sosialisasi Penggunaan Media Interactive Virtual Reality untuk Mendukung Pembelajaran Imersif Siswa di Kawasan Geopark Ijen

Robby Hilmi Rachmadian

Abstract


Pada situasi terkini, pembelajaran berbasis teknologi merupakan sebuah keniscayaan bagi pendidikan abad 21. Hal ini berkaitan dengan penggunaan media pembelajaran digital yang harus diterapkan pada satuan pendidikan. Permasalahan mitra pengabdian ini adalan belum menerapkan media pembelajaran digital dalam hal ini media Interactive Virtual Reality, guru dan siswa belum mengetahui manfaat penggunaan media Interactive Virtual Reality pada pembelajaran lapangan (Field Learning), dan belum adanya bimbingan teknis penggunaan teknologi Virtual Reality pada pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, pengabdian ini memberikan solusi berupa melakukan motivasi dan bimbingan teknis penggunaan media Interactive Virtual Reality untuk mendukung pembelajaran imersif siswa. Metode yang dilaksanakan meliputi persiapan dan identifikasi kebutuhan, implementasi program, dan evaluasi program. Kegiatan pengabdian ini mendapatkan respon positif dari siswa dan meningkatkan pemahaman serta pengalaman imersif siswa dalam memanfaatkan media Interactive Virtual Reality.


Keywords


sosialisasi; interactive virtual reality; pembelajaran imersif; geopark ijen

Full Text:

PDF

References


D. Fitriah and M. U. Mirianda, “Kesiapan Guru Dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Berbasis Teknologi,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. Progr. Pascasarj. Univ. Pgri, 2019.

Y. Andrian and R. Rusman, “Implementasi pembelajaran abad 21 dalam kurikulum 2013,” J. Penelit. Ilmu Pendidik., vol. 12, no. 1, 2019, doi: 10.21831/jpipfip.v12i1.20116.

Ni Nyoman Supuwiningsih, “E-Learning untuk Pembelajaran Abad 21 dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0,” Media Sains Indonesia, 2021.

A. Amarulloh, E. Surahman, and V. Meylani, “Refleksi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Berbasis Digital,” Metaedukasi, vol. 1, no. 1, 2019.

R. Rahayu, S. Iskandar, and Y. Abidin, “Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia,” J. Basicedu, vol. 6, no. 2, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i2.2082.

M. Mukarramah, A. Gani, and S. Winarni, “Analisis Kesesuaian Perangkat Pelaksanaan Pembelajaran dengan Tuntutan Pembelajaran Abad 21,” J. IPA Pembelajaran IPA, vol. 5, no. 3, 2021, doi: 10.24815/jipi.v5i3.21934.

R. E. Mayer, “Cognitive theory of multimedia learning,” in The Cambridge Handbook of Multimedia Learning, Second Edition, 2014, pp. 43–71. doi: 10.1017/CBO9781139547369.005.

D. U. Bolliger and F. Martin, “Instructor and student perceptions of online student engagement strategies,” Distance Educ., vol. 39, no. 4, 2018, doi: 10.1080/01587919.2018.1520041.

F. A. Ihsan, F. A. Kurnianto, E. A. Nurdin, and B. Apriyanto, “Geography Literacy Of Observation Introduction Landscape Representation Place For Student Experience,” Geosfera Indones., 2018, doi: 10.19184/geosi.v3i2.8384.

R. E. J. Verhoef, A. van Dijk, E. E. Verhulp, and B. O. de Castro, “Interactive virtual reality assessment of aggressive social information processing in boys with behaviour problems: A pilot study,” Clin. Psychol. Psychother., vol. 28, no. 3, 2021, doi: 10.1002/cpp.2620.

X. Wang, C. Guo, D. A. Yuen, and G. Luo, “GeoVReality: A computational interactive virtual reality visualization framework and workflow for geophysical research,” Phys. Earth Planet. Inter., vol. 298, 2020, doi: 10.1016/j.pepi.2019.106312.

K. W. Lau and P. Y. Lee, “Exploring the use of a stereoscopic 360 degree learning environment for business education,” Int. J. Inf. Educ. Technol., vol. 9, no. 2, 2019, doi: 10.18178/ijiet.2019.9.2.1183.

A. K. Putra, P. Purwanto, M. N. Islam, W. N. Hidayat, and M. R. Fahmi, “Development of Mobile Virtual Field Trips in Ijen Crater Geosites Based on 3600 Auto Stereoscopic and Geospatial Technology As Geography Learning Media,” Geoj. Tour. Geosites, vol. 41, no. 2, pp. 456–463, 2022, doi: 10.30892/gtg.41216-850.

A. Kurnia Putra, M. Naufal Islam, R. Hilmi, T. Khairunisa, and I. Arifa’illah Syaiful Huda, “Geography Virtual Reality for Learning About Ecotourism and Rural Sustainability,” KnE Soc. Sci., vol. 2022, pp. 307–318, 2022, doi: 10.18502/kss.v7i16.12176.

P. A. Arvaniti and E. Fokides, “Evaluating the effectiveness of 360 videos when teaching primary school subjects related to environmental education,” J. Pedagog. Res., vol. 4, no. 3, 2020, doi: 10.33902/jpr.2020063461.

M. Gumaa, A. Khaireldin, and A. Rehan Youssef, “Validity and Reliability of Interactive Virtual Reality in Assessing the Musculoskeletal System: a Systematic Review,” Current Reviews in Musculoskeletal Medicine, vol. 14, no. 2. 2021. doi: 10.1007/s12178-021-09696-6.

V. H. Pranatawijaya, W. Widiatry, R. Priskila, and P. B. A. A. Putra, “Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online,” J. Sains dan Inform., vol. 5, no. 2, 2019, doi: 10.34128/jsi.v5i2.185.




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v6i3.1329

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Robby Hilmi Rachmadian



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statcounter

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :