Peningkatan Kompetensi Guru Bina Insani dalam Membuat Visualisasi Bahan Ajar

Sugiyanto Sugiyanto, Edi Faisal, Liya Umaroh

Abstract


Banyak sekolah masih menggunakan bahan ajar konvensional dan belum memiliki bahan ajar pendamping sebagai pendukung siswa untuk lebih mudah dalam memahami materi pelajaran yang berupa Visualisasi Materi Pelajaran menggunakan animasi. Visualisasi materi pelajaran dapat memberikan pengetahuan yang lebih dibandingkan dengan menggunakan narasi atau gambar statis. Metode Kualitatif digunakan untuk menjelaskan Kegiatan Pelatihan Pembuatan Visualisasi Bahan Ajar pada SDIT Bina Insani. Kegiatan pelatihan ini merupakan solusi bagi permasalahan kurangnya kemampuan membuat visualisasi bahan ajar pada SDIT Bina Insani. Pelaksanaan diskusi hasil pelatihan pembuatan visualisasi bahan ajar dilaksanakan dengan agenda setiap guru harus mempresentasikan karyanya. Dari karya karya yang dihasilkan dapat dikelompokkan dalam 3 (tiga) kelompok karya yaitu : Kelompok I baru dapat menerapkan penggunaan teknik-teknik animasi, Kelompok II mampu membuat desain karakter dan kelompok III mampu menerapkan teknik animasi pada obyek yang akan digunakan pada visualisasi dan penggunaan audio.

 


Keywords


Visualisasi, Animasi, Bahan Ajar, Materi Pelajaran

Full Text:

PDF

References


Website, http://www.dikmenum.go.id

Cunningsworth, A., 1995, Choosing Your Course Book. Oxford: Heinemann

Aqib, Z., 2014, Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual Inovatif, Bandung: Yrama Widya.

Sakti, I., 2013, Pengaruh Media Animasi Fisika Dalam Model Pembelajaran Langsung (direct instruction) Terhadap Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa di SMA Negeri Kota Bengkulu, Prosiding SEMIRATA 2013, Vol. 1 (1), 64-65.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v2i1.38

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Sugiyanto Sugiyanto, Edi Faisal, Liya Umaroh



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :