Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran LBA (Laboratory) Berbasis Virtual Mentor Bagi Guru Dan Siswa di SMP Idhata Kota Bengkulu

Mellyta Uliyandari, - Sutarno, - Nirwana

Abstract


Pengabdian ini dilakukan dengan tujuan untuk melatih siswa dan guru di SMP dan SMA idhata untuk menggunakan media pembelajaran LBA (laboratory) berbasis learning by asking berbantuan virtual mentor. Sasaran kegiatan dalam pengabdian ini adalah guru dan siswa di SMP dan SMA Idhata Kota Bengkulu. Tahapan yang dilakukan pada pengabdian ini terdiri dari tiga tahapan, yaitu tahap Pembagian aplikasi, praktek terbimbing, serta moinitoring dan evaluasi. Pada tahap pembagaian aplikasi, peserta dibagikan aplikasi LBA dengan menggunakan QR code. Pada tahap praktek terbimbing, peserta mempraktekkan langsung bagaimana cara menggunakan media pembelajaran LBA (laboratory) berbasis learning by asking berbantuan virtual mentor. Pada tahap ini juga tim pengabdi memberikan bimbingan bagi peserta yang mengalami kendala. Kemudian tahap monitoring dan evaluasi, monitoring dilakukan dengan melihat setiap proses dalam penggunaan media sedangkan evaluasi dilakukan dengan melihat keberhasilan peserta dari praktek terbimbing yang telah dikerjakan oleh peserta. Hasil dari pengabdian ini adalah guru dan siswa SMP Idhata dapat menggunakan media pembelajaran LBA dan menggunakanya sebagai media pembelajaran di sekolah guna menunjang proses pembelajaran dan meningkatkan minat belajar siswa.

Keywords


Learning media, LBA, virtual mentor, Idhata Middle School, Idhata High School

Full Text:

PDF

References


Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan, Al-Tadzkiyyah Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31–43.

Istiyanto, Jasi Eko. (2013). Pemrograman Smartphone Menggunakan SDK Android Dan Hacking Android. Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu

Alhafidz, M. R. L., & Haryono, A. (2018). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Ekonomi, Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(2), 118–124.

Munadi, Yudhi. (2013). Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta: Referensi.

Obed., Alimuddin, Andi., H, dan Harlia. (2015). Optimasi Katalis Asam Sulfat dan Asam Maleat pada Produksi Gula Pereduksi dari Hidrolisis Kulit Buah Durian. Jurnal Kimia Khatulistiwa. Vol 4 (1): 67-74. Diakses dari: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jkkmipa/article/view/117305

Uliyandari, M., Candrawati, E., & Latipah, N. (2022). Pengembangan Media Praktikum PCT ( Paper Chromatography Techniques ) Berbasis Android dengan QR Code Technology pada Materi Pemisahan Campuran. Pendipa Journal 6(2), 501–507.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v6i2.1007

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Mellyta Mellyta Uliyandari, Sutarno Sutarno Sutarno, Nirwana Nirwana Nirwana



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :