Pelatihan Excel (Pengelolaan Administrasi) Bagi Guru Sekolah Dasar Pada Korwilcam Kecamatan Ambarawa

Aries Setiawan, Budi Widjajanto

Abstract


Pengelolaan administrasi pada sekolah dasar menggunakan proses komputer akan mempermudah dari sisi pengarsipan, perhitungan serta penyediaan laporan. Tidak akan butuh waktu lama dalam menyediakan berkas yang sedang dicari. Hal ini juga berpengaruh terhadap layanan terhadap siswa dan orang tua siswa. Sejauh ini pemanfaatan komputer pada sekolah dasar hanya sebatas pada aktivitas pengetikan. Perlu pengembangan pada potensi guru-guru sekolah dasar di wilayah ini terutama dalam pengelolaan administrasi sekolah. Untuk itu perlu diberikan pembekalan mengenai pengelolaan administrasi dengan memanfaatkan Microsoft Excel. Pelatihan Excel (Pengelolaan Administrasi) Bagi Guru Sekolah Dasar Pada Korwilcam Kecamatan Ambarawa mampu memberikan khasanah baru bagi guru-guru sekolah dasar dalam mengelola administrasi. Perhitungan yang otomatis mampu mengefektifkan kinerja guru dalam merekap administrasi keuangan, selain itu mampu mengefisienkan waktu pembuatan. Pembuatan laporan dan rangkuman perhitungan dapat mudah didapatkan dengan melakukan operasi pivot untuk selanjutnya dapat dijadikan referensi pengambilan keputusan


Keywords


Excel, Administrasi, Sekolah Dasar, Ambarawa

Full Text:

PDF

References


Martiningsih , "Efektivitas Pemanfaatan Ms Excel Dalam Pembelajaran Matematika Di Smp Muhammadiyah 1 Surabaya," pp. 107-120.

Subagyo , "Manfaat Fitur “Pivottable” Dari Microsoft Office Excel Untuk Pengolahan Data Statistik Perpustakaan," Jurnal Pustakawan Indonesia, vol. 10, pp. 14-22, 2019.

Nova Eka Diana, "Evaluasi Pelatihan Pivot Tabel Untuk Analisis Worksheet Data Bag Pelajar MAN 21 Jakarta," Jurnal Widya Laksana, vol. 8, pp. 113-118, Agustus 2019.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v3i3.103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Aries Setiawan, Budi Widjajanto



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :