Pengenalan Koding dan Program Scratch Bagi Siswa MA Mathla'ul Anwar Baros Upaya Meningkatkan Literasi Digital

Arip Kristiyanto, Andi Romansyah, Selly Septiani, Mumu Nazmudin, Muhamad Yudi Fadilah, Tiara Lestari, Fajar Malkan, Hellen Safitri

Abstract


Era digital saat ini kemampuan berfikir komputasi sangat penting dimiliki oleh siswa, berfikir komputasi sekarang merupakan salah satu bentuk literasi. Pemrograman atau koding komputer merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir komputasi. Dengan koding melatih siswa dalam pemecahan suatu masalah (problem solving),  dalam pemrograman banyak aktivitas yang dapat meningkatkan siswa dalam berpikir logis, sistematis, analitis dan kreatif. Namun dalam memperkenalkan pemrograman dibutuhkan  cara yang menyenangkan sebab sebelumnya siswa belum mengenal namanya koding, pemrograman serta algoritma. Dengan uraian diatas kami tim dosen Program Studi Sistem Informasi, Universitas Sutomo melalui program Pengabdian kepada Masyarakat memberikan pelatihan “Pengenalan Koding dan Program Scratch Bagi Siswa MA Mathla'ul Anwar Baros Upaya Meningkatkan Literasi Digital di era millennial”. Pelatihan dilaksanakan dengan memberikan materi pengenalan koding, pengenalan scratch kemudian dilanjutkan praktek pembuatan program sederhana menggunakan tools Scratch. Hasil dari kegiatan tersebut cukup berdampak positif mengenai pemahaman pemrogarman pada siswa,  hal tersebut bisa dilihat dari hasil pre-test dengan 10 soal rata-rata menjawab benar sebesar 45 % kemudian post-test meningkat menjadi 75%.


Keywords


Pemrograman, Scratch, Koding, berfikir komputasi

Full Text:

PDF

References


Y. B. Kafai And Q. Burke, “Computational Participation: Teaching Kids To Create And Connect Through Code,” In Emerging Research, Practice, And Policy On Computational Thinking, 2017.Pp. 393–405, Doi: 10.1007/978-3-319-52691-1_24.

S. Grover And R. Pea, “Computational Thinking In K-12: A Review Of The State Of The Field,” Educational Researcher, Vol. 42, No. 1. 2013. Doi: 10.3102/0013189x12463051.

I. Citarsa, I. Satiawan, I. Suksmadana, I. Wiryajati, And S. Nababan, “Pengenalan Aplikasi Edukasi Pemrograman Komputer Scratch Kepada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri Model Mataram,” Jurnal Bakti Nusa, Vol. 2, No. 2, Pp. 72-81, 2021, Doi: 10.29303/Baktinusa.V2i2.29.

A. H. Jatmika, I. W. A. Arimbawa, A. Zubaidi, I. G. P. Wirarama W.W, And A. Zafrullah M, “Pengenalan Logika Dan Algoritma Pemrograman Menggunakan Program Aplikasi Komputer Scratch Bagi Siswa Usia Tingkat Dasar Di Sd Negeri Model Mataram,” Jurnal Pepadu, Vol. 1, No. 3, Pp. 307-314, 2020.

A. Nurhopipah, I. A. Nugroho, And J. Suhaman, “Pembelajaran Pemrograman Berbasis Proyek Untuk Mengembangkan Kemampuan Computational Thinking Anak,” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 27, No. 1, Pp. 6-13, 2021, Doi: 10.24114/Jpkm.V27i1.21291.

M. P. N. Rozady And Y. P.Konten, “Scratch Sebagai Problem Solving Computational Thinking Dalam Kurikulum Prototipe,” In Create ( Inovasi Dan Kreasi Dalam Teknologi Informasi), Vol. 8,Pp. 11-17, 2021.

M. Z. Zahid, N. R. Dewi, T. S. N. Asih, E. R. Winarti, T. U. K. Putri, And B. E. Susilo, “Scratch Coding For Kids: Upaya Memperkenalkan Mathematical Thinking Dan Computational Thinking Pada Siswa Sekolah Dasar,” Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, Vol. 4, Pp. 476-486, 2021.

A. Zubaidi, A. H. Jatmika, W. Wedashwara, And A. Z. Mardiyansyah, “Pengenalan Algoritma Pemrograman Menggunakan Aplikasi Scratch Bagi Siswa Sd 13 Mataram,” Jurnal Begawe Teknologi Informasi (Jbegati), Vol. 2, No. 1, Pp. 95-102, 2021, Doi: 10.29303/Jbegati.V2i1.423.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v6i2.1132

Refbacks



Copyright (c) 2023 Arip Kristiyanto



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :